Kategori
Ulasan

Media Mod dan Light Mod untuk GoPro Hero 8 Black

Silakan bagikan tulisan ini

Kamera aksi Hero 8 Black merupakan seri andalan terbaru dari GoPro dengan cukup banyak penambahan fitur-fitur dari seri sebelumnya. Tapi bagi pengguna garis keras (hardcore) fitur-fitur yang disediakan ternyata belumlah dirasa cukup. Untungnya, banyak aksesoris yang bisa ditambahkan ke GoPro khususnya untuk seri Hero 8 Black ini.

Aksesoris-aksesoris untuk GoPro Hero 8 Black (selanjutnya akan saya sebut Hero 8 supaya tidak kepanjangan), seperti mikrofon atau lampu, tidak dapat ditambahkan secara langsung ke kamera Hero 8 karena tidak ada tempat (yang biasanya disebut sebagai sepatu atau cold shoe dalam bahasa Inggris) untuk itu. Nah, disinilah muncul kebutuhan akan kerangka (frame) untuk Hero 8 yang sekaligus berisi tambahan sepatu sehingga aksesoris-aksesoris lain juga bisa dipasang. Pada tulisan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas dua modul tambahan untuk Hero 8, yaitu media mod dan light mod. Bagi para pecinta kamera aksi GoPro, terutama Hero 8, silakan dilanjut membacanya sambil juga ditonton video unboxing dan cara pemasangan dari kedua modul tersebut pada link di bawah ini.

Media Mod

Media mod ini pada dasarnya memberikan banyak tambahan pada Hero 8 sehingga harganya dijual lumayan mahal di pasaran Indonesia yaitu Rp. 1.499.000 (harga garansi resmi TAM). Salah satu alasan kenapa harganya cukup mahal adalah karena modul ini tidak hanya berupa kerangka (frame) saja, tapi juga menambahkan beberapa fitur lain. Fitur-fitur yang ditawarkan media mod antara lain:

  • 1 port micro-HDMI, 
  • 1 port USB tipe C, 
  • 1 port mikrofon eksternal ,
  • Mikrofon dua arah (dipasang pada bagian depan dan belakang dari modul ini)
  • 2 buah sepatu yang bisa digunakan untuk menempatkan aksesoris lainnya.

Adanya tambahan port micro-HDMI tentu akan memudahkan kita untuk membawa foto ataupun video yang ada di dalam kamera GoPro ke perangkat lain, misalnya ke TV. Menurut CariSinyal, kabel micro-HDMI ini sendiri merupakan Tipe D yang biasanya disematkan pada perangkat portabel atau ponsel pintar. Tipe ini dipilih karena memiliki bentuk yang lebih kecil lagi dari konektor Tipe A dan Tipe C. Ukuran konektor micro-HDMI adalah 5,83 mm × 2,20 mm. Lebih lanjut dituliskan oleh CariSinyal, fungsi utama dari kabel HDMI sendiri adalah untuk mentransmisikan data video dan data audio digital dari perangkat sumber yang mendukung HDMI ke monitor komputer yang kompatibel, proyektor video, televisi digital, atau perangkat audio digital. HDMI ini sangat efektif dan efisien sehingga digunakan sebagai pengganti digital dari standar video analog.

Disamping port-port tambahan, media mod juga membawa mikrofon dua arah yang ditanamkan langsung pada kerangkanya. 1 mikrofon diletakkan di depan untuk menangkap suara dari arah depan dan 1 satu lagi diletakkan di bagian belakang yang berguna untuk merekam suara Anda. Jika mikrofon bawaan media mod ini dirasakan kurang cukup juga, maka Anda bisa menambahkan eksternal mikrofon dengan memasangnya melalui port yang disediakan di bagian belakang kerangka di bawah port USB tipe C. Penambahan lain yang sangat membantu Anda yang suka dengan aksesoris adalah adanya dua sepatu, 1 di kerangka bagian atas dan 1 lagi di bagian samping. Umumnya sepatu bagian atas digunakan untuk memasang lampu (light mod yang akan dibahas selanjutnya) sehingga sepatu di bagian samping bisa digunakan untuk memasang aksesoris lainnya.

Light Mod

Kamera GoPro tidak dilengkapi dengan lampu kilat (flash) yang membuat hasil foto ataupun video jadi kurang bagus ketika digunakan pada ruang dengan sedikit cahaya. Untuk itu kita perlu menambahkan light mod pada kamera GoPro tersebut. Light mod dengan garansi resmi TAM di Indonesia ini juga dibandrol cukup mahal yaitu Rp. 889.000.

Isi dari paket light mod ini sendiri adalah:

  • 1 lampu kilat
  • 1 penutup lampu
  • 1 adaptor dua jari
  • 1 kabel USB tipe C

Dilihat dari isinya, tidak banyak memang yang diberikan light mod ini. Berbeda dengan media mod yang bertujuan untuk memperluas kemungkinan aksesoris yang ditambahkan dengan kerangkanya, light mod ini memang khusus hanya untuk menambahkan lampu kilat untuk kamera GoPro Anda. Temperatur warna ketika lampu kilat ini dihidupkan adalah 5700 derajat Kelvin. Disamping itu, nilai CRI yang didapat untuk lampu kilat pada light ini adalah 90+.

Sebelum membahas apa arti dari CRI 90+ ini, ada baiknya kita pelajari sedikit ilmu tentang pencahayaan ya guys :D. Menurut Prolampsales, render warna menggambarkan bagaimana sumber cahaya membuat warna objek tampak di mata manusia dan seberapa baik variasi halus dalam nuansa warna dapat diungkap. Color Rendering Index (CRI) adalah skala dari 0 hingga 100 persen yang menunjukkan seberapa akurat sumber cahaya “yang diberikan” pada rendering warna bila dibandingkan dengan sumber cahaya yang menjadi “referensi”. Semakin tinggi CRI, semakin baik kemampuan rendering warna. Sumber cahaya dengan CRI 85 hingga 90 dianggap bagus dalam rendering warna. Sumber cahaya dengan CRI 90 atau lebih tinggi sangat bagus dalam rendering warna dan harus digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan diskriminasi warna paling akurat.

Dengan demikian lampu kilat yang disertakan pada paket light mod ini, dengan nilai CRI 90+, mengindikasikan bahwa hasil foto ataupun video yang didapat tidak akan mengubah warna aslinya atau hasil yang didapat adalah terang dengan warna yang sesuai aslinya.

Kamera GoPro Hero 8 Black dengan Media mod dan Light mod terpasang

Tips Pemasangan

Pemasangan media mod pada kamera GoPro Anda adalah tidak terlalu rumit. Silakan mengikuti panduan yang disertakan pada paket pembeliannya. Buku manual juga diberikan untuk paket light mod yang berisikan spesifikasi teknis dari produk beserta cara pemasangannya. Satu hal yang tidak ditulis pada buku panduan light mod adalah, Anda bisa terbalik memasang light mod pada sepatu yang tersedia. Nah, jika itu terjadi maka Anda akan mengalami masalah seperti yang diperlihatkan pada video di bawah ini. Saran saya adalah pastikan bahwa Anda telah mengikuti apa yang dianjurkan pada buku panduan. Jangan menganggap bahwa Anda adalah seorang MacGyver, mengerjakan sesuatu tidaklah semudah seperti yang ditampilkan di televisi.

Kesimpulan

Media mod memberikan banyak kemungkinan untuk Anda mengisi aksesoris tambahan pada kamera Hero 8 Anda. Kalau Anda ingin menambahkan lampu kilat, mau tidak mau Anda juga harus membeli media mod tersebut. Karena tidak dimungkinkan untuk menambah aksesoris tanpa kerangka yang disediakan oleh media mod. Kesimpulan saya adalah media mod merupakan modul tambahan pertama yang harus Anda beli jika Anda adalah pengguna baru dari kamera GoPro Hero 8 Black ini. Selanjutnya light mod dan aksesoris lainnya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *