Kategori
Bagaimana Cara

Bagaimana Mengisi Tanda Tangan pada PDF dari MacBook, iPad, iPhone

Silakan bagikan tulisan ini

Masa pandemi Covid-19 di Indonesia yang dimulai dari bulan Maret 2020 lalu telah menyebabkan perubahan pada cara maupun gaya hidup kita. Pasar-pasar, baik tradisional maupun supermarket, yang biasanya ramai mendadak sepi pengunjung karena masyarakat dianjurkan untuk berdiam diri (self-isolation) di rumah. Akan tetapi, belanja kebutuhan pokok tetap harus dilakukan. Hal ini yang menyebabkan cara belanja kita dipaksa untuk beralih ke ranah daring (online) dengan menggunakan berbagai macam aplikasinya. Pun begitu dengan cara kita bekerja. Work from home atau bekerja dari rumah telah menjadi hal yang biasa sekarang ini. Cara kerja ini menuntut kita untuk melek teknologi sehingga mampu menggunakan alat-alat seperti Webex, Zoom, Google Meet dan sebagainya untuk mengadakan rapat-rapat koordinasi dengan rekan kerja.

Cara kerja kolaborasi secara daring ini juga memunculkan berbagai tantangan. Salah satunya adalah jika ada dokumen yang harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang terkait, bagaimana caranya kita membubuhkan tanda tangan pada dokumen tersebut di saat kita tidak diharapkan untuk keluar rumah. Nah, jawabannya tentu saja dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Saya tidak akan membahas bagaimana keabsahan dari tanda tangan elektronik ini ataupun dasar hukum yang memperbolehkannya karena tulisan ini hanya fokus untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan bagaimana caranya membubuhkan tanda tangan elektronik tersebut pada dokumen. Tulisan ini akan memberikan manfaat kepada Anda yang bekerja dari rumah, terutama bagi pengguna ekosistem Apple (MacBook, iMac, iPhone maupun iPad) karena cara ini tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, cukup dengan menggunakan aplikasi bawaan dari sistem operasinya (MacOS, iOS atau iPadOS).

Jika Anda menggunakan lebih dari perangkat untuk membubuhkan tanda tangan, misalnya Anda memiliki MacBook dan iPhone, maka pastikan terlebih dahulu bahwa kedua perangkat tadi terhubung ke satu Apple ID yang sama. Hal ini akan sangat membantu nantinya ketika kita ingin membubuhkan tanda tangan menggunakan iPhone atau iPad. Tulisan ini menganggap bahwa Anda sangat familier dengan Apple ID dan bagaimana caranya agar semua perangkat yang Anda miliki terhubung ke Apple ID yang sama. Jika tidak, maka saya anjurkan agar Anda terlebih dahulu membaca tulisan yang terkait dengan Apple ID.

Membuat Tanda Tangan via MacBook

Pertama-tama yang Anda harus lakukan (asumsinya adalah Anda belum pernah membuat tanda tangan elektronik sebelumnya lewat MacBook, iMac, iPhone ataupun iPad) adalah membuat tanda tangan elektronik Anda terlebih dahulu. Untuk membuat tanda tangan elektroniknya Anda dapat membuatnya pertama kali menggunakan salah satu perangkat Anda, disini kita akan coba membuat tanda tangan elektronik menggunakan MacBook.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Buka file PDF yang ingin dibubuhi tanda tangan melalui aplikasi Preview (aplikasi default untuk membuka PDF pada MacOS).
  • Setelah itu arahkan mouse Anda ke menu Tools > Annotate > Signature > Manage Signatures
Pilih menu “Manage Signatures” untuk membuat tanda tangan Anda
  • Anda akan diberikan tiga pilihan yang dapat digunakan untuk membuat tanda tangan elektronik pertama Anda. Cara pertama adalah dengan TrackPad. Ini artinya Anda menggunakan TrackPad pada MacBook Anda untuk menggambar tanda tangan Anda. Cara kedua adalah Camera dimana Anda terlebih dahulu harus menggambar tanda tangan Anda di selembar kertas berlatar belakang putih dan kemudian mengarahkannya ke kamera di MacBook Anda (cara ini agak sulit menurut saya, jadi lebih baik menggunakan TrackPad atau cara ketiga selanjutnya). Cara terakhir adalah dengan menggunakan iPhone atau iPad (nah cara ini yang saya sebut di awal bahwa iPhone atau iPad Anda harus terkoneksi ke Apple ID yang sama agar cara ketiga ini bisa Anda gunakan).
Gunakan TrackPad untuk menggambar tanda tangan Anda
  • Jika cara pertama yang Anda pilih maka Anda akan diminta untuk menggunakan TrackPad untuk menggambar tanda tangan Anda. Ketika sudah selesai menggambar, maka Anda dapat menekan tombol apa saja pada papan ketik untuk menyatakan selesai.
  • Jika cara ketiga yang Anda pilih, maka akan tampil pilihan seperti gambar di bawah. Semua perangkat yang terhubung ke Apple ID yang sama akan ditampilkan.
Pilih perangkat yang ingin digunakan untuk membuat tanda tangan
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. iPad / iPhone Anda selanjutnya dapat digunakan untuk menggambar tanda tangan Anda.
Tampilan ketika iPad / iPhone Anda digunakan untuk membuat tanda tangan elektronik
  • Setelah selesai maka jika Anda kembali ke Tools > Annotate > Signature Anda akan dapat memilih tanda tangan yang dibuat tadi.
Tanda tangan elektronik sekarang tersedia untuk digunakan
  • Pilih tanda tangan Anda kemudian disesuaikan dengan kebutuhan (digeser maupun diperbesar / diperkecil). Oh ya, tandatangan yang Anda siapkan disini tidak terbatas hanya satu. Anda bisa menyiapkan paraf dari tanda tangan Anda misalnya. Cara untuk menambahkannya sama dengan di atas.
Sesuaikan besar tanda tangan dengan dokumen Anda

Tanda Tangan di Perangkat Lainnya

Jika Anda sudah membuat tanda tangan elektronik Anda menggunakan cara yang telah dijelaskan sebelumnya, maka tanda tangan tersebut akan tersedia untuk digunakan pada perangkat Anda yang lain (misalnya iPhone atau iPad Anda). Cara untuk membubuhkan tanda tangan pada perangkat tersebut adalah sangat mudah. Buka dokumen yang ingin ditandatangani (gunakan aplikasi Files bawaan iPad atau iPhone Anda). Kemudian pilih tanda pensil pada bagian atas kanan, selanjutnya pilih Signature.

Jika perangkat iPad atau iPhone Anda terhubung menggunakan Apple ID yang sama dengan yang digunakan pada MacBook maka tanda tangan Anda akan muncul sebagai pilihan. Pilih tanda tangan yang akan digunakan dan tempatkan sebagaimana mestinya.

Mudah sekali bukan? Dengan cara ini maka Anda dapat secara cepat menandatangani semua dokumen dengan menggunakan tanda tangan elektronik yang Anda buat sebelumnya. Tidak perlu untuk menginstalasi aplikasi pihak ketiga (yang mungkin meminta bayaran kepada Anda untuk dapat menggunakan fasilitas yang dijelaskan pada tulisan ini), cukup dengan mengandalkan aplikasi bawaan dari sistem operasi MacOS, iOS ataupun iPadOS. Terima kasih Apple karena telah menyediakan solusi untuk permasalahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *