Kategori
Ulasan

Catatan Penting dari WWDC 2020

Silakan bagikan tulisan ini

World Wide Developer Conference (WWDC) 2020 telah dimulai. Even ini tiap tahunnya selalu menjadi tonggak awal untuk Apple dalam memperkenalkan inovasi-inovasi baru, terutama yang berhubungan sistem operasinya (MacOS X, iOS, iPad OS, Watch OS), maupun produk-produk yang mendapatkan penyegaran. Terkadang even ini juga digunakan oleh Apple untuk memperkenalkan sesuatu yang baru, masih ingat dengan perkataan “… and one more thing” dari si Tim Cook? Apple fanboy biasanya selalu menantikan perkataan tersebut dengan hati berdebar-debar, karena tiap tahunnya Apple selalu diisukan akan merilis suatu produk yang revolusioner seperti ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama kali pada tahun 2007. Tapi sayangnya tahun ini tidak ada produk baru, paling tidak bukan sesuatu yang bisa dilihat fisiknya, yang diperkenalkan oleh Apple. Apa saja yang menjadi pokok-pokok penting dari WWDC 2020 kali ini? Silakan baca ulasan lengkapnya di bawah ini, sediakan kopi dan jajanan karena ini mungkin adalah tulisan yang lumayan panjang untuk dibaca. Oh ya, hampir lupa. WWDC kali ini dilaksanakan pertama kali secara daring, tentu saja karena dampak dari pandemi COVID-19. Stay home and stay safe guys! Lebih baik membaca tulisan di ghozan.com yaaa!

iOS 14

Sumber: www.apple.com

Apple memperlihatkan sekilas iOS 14 yang akan dirilis bersamaan dengan iPhone terbaru tahun ini. Salah satu perubahan terbesar dalam bentuk widget yang dapat diletakkan pada layar utama Anda. Hal ini benar-benar merupakan perubahan besar, seperti melihat halaman Apple Watch di iPhone Anda. Widget ini disiapkan dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan tujuan untuk menampilkan lebih banyak informasi pada layar utama. Jika widget yang datang masih kurang banyak, maka Apple telah mengembangkan Widget Gallery untuk mendapatkan tambahan widget yang Anda inginkan. Selain itu iOS 14 juga datang dengan App Library, suatu fitur baru yang dapat secara otomatis mengelompokkan aplikasi-aplikasi berdasarkan kategorinya (fitur ini sudah lama saya tunggu-tunggu agar aplikasi yang berjubel pada layar iPhone dapat dikelompokkan). Picture in picture (PiP) juga akan hadir di iOS sehingga Anda tetap dapat menonton video sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Tampilan Map Khusus untuk Bersepeda

Sumber: www.apple.com

Fitur penting lain yang akan datang dengan iOS 14 adalah adanya navigasi khusus untuk bersepeda pada Apple Maps. Fitur ini dapat mengingatkan Anda untuk meningkatkan elevasi Anda dan juga arahan untuk menaiki tangga untuk mencapai tempat tujuan Anda. Kota-kota yang dapat menikmati fitur ini pada saat rilisnya adalah New York City, Los Angeles, San Fransisco, Shanghai dan Beijing. Kota-kota lain tentu saja akan mendapatkan jatahnya pada bulan-bulan berikutnya setelah peluncuran iOS 14.

Kunci Mobil Digital

Sumber: www.apple.com

Apple memperkenalkan cara baru untuk membuka dan menghidupkan mobil Anda, paling tidak untuk sekarang hanya di mobil BMW seri 5. Caranya sangat mudah yaitu dengan mendaftarkan kunci Anda ke Apple Wallet, dan jika Anda berada di dekat mobil yang didukung, maka mobilnya akan dibuka menggunakan NFC, kemudian hidupkan mesin mobil Anda ketika iPhone sudah diletakkan pada tempatnya. Kunci mobil digital ini disimpan pada perangkat Anda sehingga dapat dihapus dari cloud jika Anda menginginkannya. Yang juga sangat keren dari fitur ini adalah Anda dapat membuat profil spesifik untuk pengguna iPhone lain, misalnya untuk pasangan, anak maupun orang kepercayaan Anda.

App Clips di iOS 14

Apple memberikan debut untuk App Clips, yang dapat dikatakan sebagai versi Apple untuk aplikasi Instant Apps pada Android. Kuncinya disini adalah Anda tidak perlu mengunduh suatu aplikasi secara penuh untuk dapat menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut disamping dapat melakukan pembelian melalui Apple Pay.

Beberapa Perubahan di iPadOS 14

Hampir sama dengan iOS 14, widget juga akan debut pada iPadOS versi berikutnya. Hal yang belum jelas adalah apakah Anda dapat membawa widget ini ke layar utama atau tampilan hari ini seperti pada iPhone. Apple juga menggembar-gemborkan sidebar baru yang dapat membantu Anda dalam melakukan navigasi terhadap aplikasi-aplikasi Anda. Pada keynote speech hari ini, Apple mendemokan bahwa sidebar ini berjalan pada Apple Music dan aplikasi lainnya. Jika Anda menggunakan iPad sebagai pengganti laptop, maka sidebar dapat membuat Anda lebih produktif tanpa harus menyentuh layar iPad Anda. Apple juga mendesain ulang fitur pencarian pada iPad dimana tampilannya hampir sama dengan Spotlight pada MacOS. Fitur pencarian pada iPadOS dapat membantu Anda dalam mencari kontak, mencari informasi di Web, maupun bertindak seperti fungsi Launchpad (MacOS) untuk menjalankan aplikasi.

Pengalaman Menulis dengan Apple Pencil akan Semakin Baik

Sumber: www.apple.com

Di WWDC 2020, Apple juga memperlihatkan fitur baru yang diberi nama Scribble, yang memungkinkan kita untuk menulis pada sembarang bidang teks menggunakan Apple Pencil, yang secara otomatis akan diubah menjadi teks. Fitur yang sama juga dapat mendeteksi secara otomatis konteks dari informasi yang Anda tuliskan, misalnya jika Anda menuliskan nomor telpon atau alamat, maka fitur tersebut akan mengarahkan Anda ke aplikasi yang tepat ketika tulisannya disentuh. Scribble juga dapat mengubah menjadi teks tulisan dalam berbagai macam bahasa.

Airpods akan dapat Beralih Perangkat dengan Cepat

Sumber: www.apple.com

Apple sedang memperbaharui perangkat lunak yang bekerja pada Airpods untuk mengijinkannya untuk terhubung secara otomatis ke perangkat-perangkat yang sudah pernah terhubung sebelumnya yang menjalankan file audio. Anda tidak perlu lagi memilih secara manual sumber mana yang ingin Anda hubungkan.

Apple juga memanfaatkan akselerometer yang ada pada Airpods Pro untuk menyediakan audio spasial yang merekam jejak lokasi dari kepala dan perangkat Anda. Audio spasial seharusnya akan menyediakan pengalaman mendengarkan audio yang lebih canggih.

WatchOS 7

Pernahkah Anda melihat suatu watchface yang Anda suka namun tidak tahu cara untuk mendapatkannya? Apple memudahkan Anda untuk berbagi watchface melalui fitur yang disebut sebagai Face Swapping. Anda dapat dengan mudah menambahkan watchface ke Apple Watch Anda dari situs yang menyediakan ataupun media sosial.

Di WatchOS 7, aplikasi workout akana menggunakan akselerometer dan giroskop yang dipadukan dengan data detak jantung Anda, untuk merekam tipe-tipe tarian yang Anda lakukan. Ini adalah salah satu bentuk olahraga yang belum dapat dipecahkan oleh kompetitor lainnya, jadi rasanya sangat patut untuk ditunggu.

Apple juga menggunakan pembelajaran mesin untuk merekam tidur Anda. Hal ini dilakukan dnegan menggunakan sensor pada Apple Watch untuk melihat pergerakan Anda ketika tidur. Aplikasi penyerta pada iPhone tidak membutuhkan Apple Watch untuk digunakan, tapi menggunakan data-data hasil pengukuran.

WatchOS 7 juga akan merekam pencucian tangan. Mencuci tangan merupakan suatu hal yang penting sekarang ini, terutama karena pandemi Covid-19. Berkaca pada ini, WatchOS 7 menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan kapan Anda mulai mencuci tangan. Mikrofon pada Apple Watch Anda akan mendengarkan suara gemericik air untuk memastikan bahwa Anda memang sedang mencuci tangan. Selanjutnya, ia akan menjalankan hitungan mundur pada watchface.

MacOS Big Sur

Di WWDC 2020, Apple juga memperkenalkan MacOS Big Sur. Big Sur membawa perubahan radikal pada sisi desain yang mengarahkannya ke jalur yang sama dengan iOS dan iPadOS. Fitur-fitur baru yang ditambahkan ke MacOS Big Sur ini jauh lebih banyak daripada ke iOS 14 maupun iPadOS 14. Beberapa fitur tersebut antara lain widget, perbaikan pada fitur pengiriman pesan seperti pengelompokkan percakapan, dan fitur untuk mengubah Memoji.

Apple Berpindah ke Lain Hati, Selamat Tinggal Intel

Sumber: www.apple.com

Apple telah menggunakan chipset berbasis Intel selama bertahun-tahun. Tapi selama itu pula isu-isu sering berhembus bahwa Apple sedang menyiapkan prosesor buatannya sendiri. Untuk iPhone dan iPad, dari awal peluncurannya, Apple telah menggunakan teknologi yang mereka bangun sendiri. Ini adalah perubahan besar. Dari sisi perangkat keras, hal ini akan melepaskan Apple dari ketergantungan pada Intel dan kemajuannya. Pada sisi perangkat lunak, Apple juga bekerja keras untuk memungkinkan aplikasi yang bekerja pada lingkungan Intel untuk dapat digunakan pada produk-produk baru Mac. Lingkungan lain seperti Linux juga ditargetkan untuk dapat digunakan pada Mac baru ini. Terakhir, aplikasi yang dikembangkan khusus untuk iPhone maupun iPad juga dapat dipakai di Mac dengan chipset Apple tersebut. Mantap!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *