Kategori
Ulasan

5 Fitur Paling Keren di iOS 14

Silakan bagikan tulisan ini

Ajang World Wide Developers Conference (WWDC) 2020 telah usai. Apple telah memperkenalkan berbagai macam perbaikan terhadap sistem operasinya yang meliputi macOS Big Sur, iOS 14, iPadOS 14, Watch OS, TV OS. Bagi yang kelewatan informasi catatan penting apa saja yang bisa diambil dari even tahunan Apple tersebut, silakan cek tulisan yang telah diposting di blog ini beberapa waktu yang lalu ya. Nah, pada tulisan kali ini saya akan mencoba memberikan ulasan mengenai fitur-fitur paling keren yang ditambahkan pada iOS 14. Sebelumnya, baca juga cara untuk upgrade ke iOS 14 versi beta yang telah diulas di blog ini ya. Kalau sudah siap, yuk langsung kita bahas satu-persatu fitur-fitur keren yang ada di iOS 14.

1. Fitur Widget

Menurut AlgoritmaImajinasi Widget adalah aplikasi mini yang berjalan di layar awal (home screen). Widget ini berguna untuk menampilkan berbagai macam informasi seperti cuaca, harga saham, berita terbaru, dan lain sebagainya. Widget tidak bisa dilepaskan dari Android dan telah hadir sejak tahun 2008. Akan tetapi, iOS butuh waktu yang relatif lama untuk mengimplementasikannya di iOS. Nah, ketika widget diperkenalkan di iOS 14 para pecinta Apple menyambutnya dengan tepuk tangan meriah, sedangkan fans Android hanya mengernyitkan dahinya hehehe.

Pada iOS 14 cara untuk menambahkan widget ke home screen adalah sangat mudah. Cukup dengan menekan salah satu icon selama kurang lebih 1 detik, maka akan muncul menu. Pilih “Edit Home Screen”. Selanjutnya pilih tanda “+” di bagian kiri atas layar. Pada layar akan ditampilkan berbagai macam widget yang bisa dipilih. Bentuk dari widgetnya sendiri bisa disesuaikan, apakah berbentuk kotak atau persegi panjang. Selanjutnya klik “Add Widget” dan posisikan widget pada tempat yang diinginkan.

Untuk menghapus widget silakan tekan lama di widget yang ingin dihapus (kurang lebih 1 detik) maka akan muncul menu “Remove Widget”.

2. Menghapus Halaman Aplikasi

Pernah tidak Anda merasakan kalau aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda sudah terlalu banyak. Anda ingin menghapusnya satu persatu tapi tidak sempat. Nah, di iOS 14 Anda bisa menyembunyikan satu halaman aplikasi sehingga Anda tidak perlu merasa terbebani untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Caranya adalah dengan menekan salah satu icon kurang lebih 1 detik. Kemudian pilih “Edit Home Screen”. Selanjutnya, ketuk sekali tanda bulatan yang ada di bagian bawah layar. Pada layar berikutnya, silakan hilangkan centang pada halaman aplikasi yang ingin disembunyikan. Kalau Anda menghilangkan semua halaman aplikasi juga boleh, maka akan tersisa hanya ”App Library”. Jika ingin mencari aplikasi yang ingin digunakan maka pakailah fitur pencarian pada “App Library”

3. Picture in Picture (PIP)

iOS 14 sekarang mendukung fiture picture-in-picture. Fitur ini memperbolehkan Anda untuk menonton video sambil mengerjakan hal lain seperti membaca email, surfing di Web atau mengetik pekerjaan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa iOS 14 ini masih versi beta sehingga tidak semua fitur sudah didukung oleh aplikasi di App Store. Demo yang saya contohkan disini adalah menonton video Youtube melalui browser Safari.

Caranya adalah dengan membuka Youtube melalui browser Safari. Silakan jalankan video yang ingin ditonton secara full screen. Kemudian klik pilihan untuk menggunakan fasilitas picture-in-picture (tombol kedua setelah tanda silang “X”). Maka video Anda akan berjalan di atas layar. Silakan pindahkan video ke tempat yang Anda inginkan. Anda juga bisa memperbesar atau memperkecil ukuran videonya.

4. Ketukan pada Bagian Belakang Ponsel

Pada iOS 14, Anda juga dapat menggunakan fitur ketukan pada bagian belakang ponsel. Fitur ketukan ini bisa dipakai untuk shortcut untuk menjalankan pekerjaan yang Anda inginkan, misalnya untuk mengambil screenhot layar Anda, membangunkan Siri dan lain sebagainya. Selain itu, fitur ketukan ini ada dua jenis yaitu dua ketukan atau tiga ketukan. Masing-masing ketukan ini bisa digunakan sebagai shortcut.

Caranya adalah dengan menuju ke Settings > Accessibility > Touch > Backtap > Doube Tap/Triple Tap. Kemudian pilih shortcut yang ingin dijalankan untuk masing-masing ketukan.

5. Menerima Panggilan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Lain

Menerima panggilan sekarang tidak lagi mengharuskan Anda menghentikan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Bayangkan saja jika ketika Anda sedang bermain Mobile Legend, PUBG atau COD tiba-tiba ada telpon yang masuk yang menghentikan permainan Anda, tentu akan sangat mengganggu bukan. Apalagi kalau Anda sampai kena banned karena meninggalkan permainan. Nah, di iOS 14 hal ini tidak akan menjadi masalah lagi karena panggilan masuk akan ditampilkan seperti notifikasi lain yang tidak menghabiskan satu layar ponsel Anda.

Nah, itulah daftar 5 fitur paling keren yang ditawarkan oleh iOS 14 versi ghozan.com. Bagaimana pendapat Anda? Apakah menurut Anda ada fitur lain yang lebih keren? Silakan dituliskan di kolom komentar ya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *