Kategori
Bagaimana Cara

Membuat Screen Recording di macOS

Silakan bagikan tulisan ini

macOS banyak menyimpan fitur-fitur tersembunyi (tersembunyi mungkin bukan kata yang tepat, lebih tepatnya adalah kita yang tidak tahu hehe). Contohnya adalah seperti tulisan tentang bagaimana cara mengisi tanda tangan elektronik pada macOS yang sudah pernah di-publish di blog ini. Nah, pada artikel ini saya akan membahasa tentang satu cara mudah untuk membuat screen recording pada macOS. Screen recording di macOS maksudnya adalah merekam aktivitas pada layar macBook atau iMac Anda yang akan disimpan sebagai video. Hal ini mungkin perlu Anda lakukan misalnya untuk menjelaskan sesuai yang akan lebih mudah dipahami dengan menonton rekaman video dibandingkan dengan mengikuti instruksi tertulis. Oke, tanpa banyak membuang waktu kita langsung saja bahas ya cara membuat screen recording-nya di bawah ini.

Untuk membuat screen recording pada macOS adalah sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah seperti di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi QuickTime Player (dari LaunchPad, ketik QuickTime pada kolom Search).
  • Arahkan mouse Anda ke bagian atas untuk memunculkan menu pada QuickTime Player.
  • Pilih File kemudian New Screen Recording.
  • Pada menu berikutnya, pilih Record Entire Screen untuk merekam keseluruhan layar. Anda juga bisa memilih Record Selected Portion untuk merekam hanya bagian layar yang Anda inginkan, tentu saja Anda sebelumnya harus menentukan bagian mana yang ingin Anda rekam.
  • Klik Record untuk mulai merekam.
  • Untuk berhenti merekam, maka arahkan mouse ke bagian atas layar untuk menampilkan icon-icon aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian pilih tanda Stop (icon akan muncul pada bagian paling kiri).
  • Hasil rekaman video akan disimpan pada Desktop Anda.

Cara yang sama dapat Anda lakukan untuk merekam menggunakan kamera MacBook (New Movie Recording) ataupun merekam suara saja (New Audio Recording).

Nah, demikian tutorial singkat untuk membuat screen recording di macOS. Sangat sederhana bukan? Walaupun terlihat sederhana tapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara mudah untuk merekam layar di macOS ini. Selamat mencoba tutorial ini. Jika Anda merasa tulisan ini memberikan manfaat jangan lupa untuk menyebarluaskan ke teman-teman Anda atau berikan pesan atau masukan pada kolom komentar yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *