Kategori
Ulasan

Perang Smartwatch Murah: Realme Band vs Huawei Honor Band 5

Silakan bagikan tulisan ini

Pandemi Covid-19 yang di Indonesia telah mewabah dari awal tahun 2020 ini mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah, bekerja dari rumah bahkan anak-anak usia sekolah dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi juga harus belajar dari rumah. Di satu sisi, dengan sedikitnya aktivitas di luar rumah memberikan dampak positif kepada lingkungan seperti berkurangnya polusi baik udara, darat maupun laut. Akan tetapi, di sisi lain, ada banyak dampak negatif yang muncul pada sektor-sektor penting yang harus kita waspadai terutama sektor ekonomi karena dengan berkurangnya kegiatan di luar rumah maka roda ekonomi otomatis juga melambat. Satu sektor lain yang harus mendapat perhatian lebih adalah kesehatan karena untuk dapat terhindar dari virus Corona kita harus tetap menjaga kesehatan. Hal ini yang biasanya terlupakan karena keenakan berdiam diri di rumah sehingga tidak pernah berolahraga atau sekedar melakukan peregangan otot.

Video unboxing Realme Band (di bagian akhir-akhir video)

Untuk mengatasi masalah di atas kita butuh yang namanya jam tangan pintar (smartwatch) yang dapat mengingatkan kita di saat kita harus bergerak setelah lama duduk bekerja. Sebaliknya, jam tangan pintar ini juga dapat mengingatkan kita kalau kita terlalu berlebihan dalam berolahraga dengan melihat jumlah detak jantung kita per menitnya (beats per minute, bpm). Selain itu, beberapa jam tangan pintar juga dapat memonitor kebiasaan serta kualitas tidur kita. Jam tangan pintar dengan harga mahal (di atas 4 jutaan) seperti Apple Watch, Garmin, Fitbit, dan lain-lain masing-masing memiliki kelebihan dalam fitur-fitur yang disediakan. Contohnya, Apple Watch menyediakan fitur pendeteksi jika penggunanya terjatuh yang telah terbukti pada beberapa kasus mampu menyelamatkan nyawa penggunanya. Nah, pada artikel ini kita tidak membahas mengenai jam tangan pintar yang mahal (kalau tidak bisa dikatakan super mahal) dengan fitur-fitur yang wah, tapi kita fokus untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari dua jam tangan pintar murah yaitu Realme Band dan Huawei Honor Band 5. Kita cari tahu yuk, apakah jam tangan pintar dengan harga terjangkau juga punya fitur-fitur keren seperti jam tangan yang mahal. Lanjut ya guys baca artikelnya.

Video unboxing Huawei Honor Band 5
Spesifikasi

Seperti artikel-artikel lain di ghozan.com maka kita awali tulisan ini dengan membandingkan spesifikasi yang ditawarkan oleh Realme Band maupun Huawei Honor Band 5 terlebih dahulu ya. Buat pecinta spesifikasi, silakan dipelototi dengan cermat ya hehehe.

Realme BandHuawei Honor Band 5
Umum
BrandRealmeHonor
ModelBandBand 5
Tanggal RilisHitam, Hijau, KuningCoral Pink, Meteorite Black, Midnight Navy
Tipe MembacaDigitalDigital
Ideal UntukUnisexUnisex
Layar SentuhYaYa
Tahan AirYa (1,5m)Ya (50m)
Tahan BenturanYa
Layar dan Baterai
Resolusi80×160 piksel240×120 piksel, layar AMOLED
Daya BateraiSampai 9 hariSampai 14 hari
Kapasitas Baterai (mAh)90
Konektivitas
Bluetoothv4.2v4.2
Dukungan OS
Androidv5.0 dan setelahnyav4.4 dan setelahnya
iOSiOS 9 dan setelahnya
Fitur-fitur
Fungsi TrackingAlarm, Kalori, Mode Do Not Disturb, Heart Rate Monitor, Notifikasi Telpon, Sleep Tracking, Step Counter Display Time/Date, Smart Alarm, Event, Call and Text Alerts, Stopwatch, Sedentary Reminder, Customizable Clock Faces, Activity Timer, Finding Phone Using Band, SPO2 Monitor
Mode AktivitasLari di luar ruangan, Bersepeda, Berjalan, Cricket, Yoga, Hiking, Climbing, Spinning, FitnessLari di luar dan dalam ruangan, Berjalan, Bersepeda, Renang
SensorAccelerometer, Optical Heart Rate, Vibration MotorGyroscope, Optical Heart Rate Monitor
Dimensi
Berat (gram)2022,7
Lebar (mm)19,617,2
Panjang (mm)2443
Ketebalan (mm)11,911,5
Harga
Indonesia (Rupiah)399.000399.000
Spesifikasi Realme Band dan Huawei Honor Band 5

Nah, setelah kita bandingkan spesifikasinya maka dapat kita bahas satu persatu kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing jam tangan pintar ini ya guys.

Desain
Realme Band vs Huawei Honor Band 5

Untuk masalah desain menurut saya adalah kembali ke selera masing-masing. Kedua jam tangan pintar ini memiliki desain persegi, namun Realme Band bentuknya lebih cembung di bagian kiri dan kanannya, sedangkan Huawei Honor Band 5 bentuknya benar-benar kotak. Dari dimensinya dapat dilihat bahwa Huawei Honor Band 5 lebih panjang tapi lebih sempit dibandingkan Realme Band yang lebih pendek tapi lebih lebar. Untuk ketebalan adalah selisihnya tidak banyak, sehingga berat dari kedua jam tangan pintar inipun tidak terlalu berbeda jauh. Ketika digunakan di tangan, kedua jam tangan ini tidak membuat tangan menjadi kesemutan karena terlalu berat atau kelelahan dalam menggunakannya. Secara pribadi saya lebih menyukai desain Huawei Honor Band 5 yang lebih mengotak. Menurut kalian bagaimana guys? Kalau kalian punya opini yang berbeda silakan ditulis di kolom komentar ya.

Layar

Dari sisi layar, Huawei Honor Band 5 menawarkan kelebihan dengan layar AMOLED dan resolusi 240×120 piksel dibandingkan dengan layar TFT dan resolusi 80×160 piksel pada Realme Band. Seperti kita ketahui layar AMOLED menampilkan warna lebih cerah yang dibarengi dengan tingkat konsumsi daya yang lebih rendah. Disamping itu, Huawei Honor Band 5 juga menyediakan watch face (tampilan layar utama pada jam) yang dapat diganti-ganti sesuai dengan keinginan. Sedangkan pada Realme Band, tampilan layar jam Anda adalah statis alias tidak bisa diubah. Untuk poin layar maka saya rasa Huawei Honor Band 5 jauh lebih unggul, karena dengan harga yang sama kita diberikan layar AMOLED yang super cantik.

Dukungan Perangkat

Kedua jam tangan pintar ini menggunakan konektivitas Bluetooth versi 4.2. Perbedaan terletak pada dukungan sistem operasi, dimana Realme hanya bisa dikoneksikan ke perangkat Android, sedangkan Huawei Honor Band 5 selain dapat dihubungkan ke perangkat Android tapi juga ke perangkat iOS. Aplikasi yang digunakan untuk Realme Band adalah Realme Link, sedangkan untuk Huawei Honor Band 5 dapat menggunakan Huawei Health. Satu catatan yang perlu diperhatikan untuk Huawei Honor Band 5 adalah perangkat ini hanya dapat terhubung ke salah satu perangkat iOS atau Android pada waktu yang bersamaan. Kekurangan menggunakan aplikasi iOS untuk Huawei Honor Band 5 adalah kita tidak dapat mengganti watch face dari jam tangan pintar tersebut. Penggantian watch face hanya dapat dilakukan melalui aplikasi pada Android. Untuk sektor ini pun saya berikan nilai lebih kepada Huawei Honor Band 5 karena jam tangan pintar ini mendukung kedua sistem operasi untuk perangkat bergerak yang paling besar, iOS dan Android.

Fitur-fitur

Salah satu fitur unggulan yang disediakan pada Huawei Honor Band 5 adalah adanya monitoring SPO2. SPO2 adalah monitoring untuk tingkat saturasi oksigen dalam aliran darah kita. Fitur ini penting artinya jika kita melakukan aktivitas atau olahraga pada ketinggian seperti hiking, mendaki gunung, dan lain-lain. Fitur ini tidak dimiliki oleh Realme Band. Selain itu, watch face adalah fitur lain yang tidak dimiliki Realme Band tapi dapat kita temui di Huawei Honor Band 5. Dari pengalaman menggunakan Huawei Honor Band 5 ini, watch face yang disediakan lewat aplikasi Huawei Health cukup banyak dan bervariasi. Saya cukup sering mengganti watch face sesuai dengan mood atau suasana hati hehe.

Sedangkan untuk aktivitas olahraga maka Realme Band sementara ini mendukung lebih banyak aktivitas (cricket, hiking, climbing, yoga, spinning), namun Huawei Honor Band 5 telah mendukung olahraga renang (tentu karena ada fitur ketahanan air sampai dengan kedalaman 50m). Saya rasa hal ini bukanlah karena perangkat keras yang tidak mendukung tapi lebih ke arah perangkat lunak yang belum selesai dikembangkan. Jadi ke depannya Huawei pasti akan terus menambahkan aktivitas olahraga yang didukung oleh jam tangan pintarnya.

Kesimpulan

Melihat perbandingan dari sisi desain, layar, dukungan perangkat dan fitur-fitur yang ditawarkan maka saya pada kesimpulan bahwa untuk perang jam tangan pintar antara Realme Band vs Huawei Honor Band 5 ini dimenangkan oleh Huawei Honor Band 5. Alasan saya memberikan kemenangan kepada Huawei Honor Band 5 adalah dengan harga yang relatif sama jam tangan pintar ini menawarkan kelebihan pada sisi layar dengan layar AMOLED dan resolusi yang lebih tinggi. Di samping itu, fitur SPO2 yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat saturasi oksigen dalam darah kita juga merupakan fitur penting yang ditawarkan. Terakhir, adanya dukungan ke sistem operasi iOS maupun Android juga membuat jam tangan pintar ini memiliki segmen pasar yang lebih luas. Nah, itu adalah pilihan saya untuk perang jam tangan pintar dengan harga terjangkau kali ini. Bagaimana menurut Anda? Setuju atau tidak? Silakan berikan tanggapan Anda pada kolom komentar atau Anda juga dapat membagi pengalaman Anda menggunakan jam tangan pintar yang murah lainnya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *