Kategori
Ulasan

Huawei X Gentle Monster

Silakan bagikan tulisan ini

Kalau mendengar brand Gentle Monster apa yang pertama kali ada di pikiran kalian? Tentu para pecinta drakor alias drama korea sering melihat artis-artis disana menggunakan kacamata stylish dari brand ini. Ya, Gentle Monster memang merek kacamata terkenal asal Korea Selatan yang didirikan oleh Han Kook mulai tahun 2011. Brand ini pintar dalam mempromosikan produk-produk terbarunya dengan menggaet bintang-bintang K-Pop, artis-artis tv drama korea, maupun bintang papan atas dari Hollywood. Hal ini yang membuat merek ini menjadi terkenal ke seluruh dunia dalam waktu yang singkat. Dilansir dari Wikipedia, sampai dengan April 2018 merek ini telah membuka 41 gerai tokonya, mulai dari Korea, Amerika Serikat, Singapura, Hongkok dan Tiongkok. Nah, untuk merek Huawei sendiri rasanya tidak perlu diperkenalkan lagi yah. Huawei adalah raksasa pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi asal negeri tirai bambu yang saat ini mendominasi dunia. Saat ini, Huawei sedang gencar-gencarnya mengeluarkan produk ponselnya dan memberikan berbagai promosi yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggandeng Gentle Monster untuk menyediakan kacamata pintar (smartglasses) sebagai promosi ponsel Huawei P40 Pro+.

Seperti apa kacamata pintar kerjasama Gentle Monster dan Huawei ini? Silakan dilanjutkan membacanya ya guys!

Unboxing Huawei Gentle Monster
Spesifikasi

Untuk kacamata pintar ini, Gentle Monster sejauh ini mengeluarkan lima tipe yaitu Jackbye, Eastmoon, Southside, Alio-01 dan Alio-C1.

JackbyeEastmoonSouthsideAlio-01Alio-C1
Ukuran155.13 x 58.25 x 29 mm152.59 x 56.86 x 29 mm152.21 x 48.16 x 29 mm172.95 x 45.72 x 29 mm172.95 x 45.72 x 29 mm
Berat45.6 gr43.2 gr40.2 gr39.2 gr39.2 gr
WarnaHitamHitamHitamSilverGold
Sumber: consumer.huawei.com
FiturKeterangan
Daya Tahan20 jam (data uji di lab, daya tahan baterai tergantung pemakaian)
Memori2,5 jam (data uji di lab, daya tahan baterai tergantung pemakaian
Kapasitas BateraiKapasitas Baterai Kotak Kacamata adalah 2200 mAh
Ketahanan Air dan DebuRating IP67
KonektivitasBluetooth 5.0
Sumber: consumer.huawei.com

Untuk unit kacamata pintar yang kami coba adalah tipe Eastmoon yang diberikan secara cuma-cuma untuk pembelian Huawei P40 Pro+. Menurut petugas Huawei-nya, hanya tiga orang pembeli pertama yang mendapatkan promos ini. Itupun harus dengan cara PO (purchase order), artinya ponselnya sendiri belum masuk Indonesia pada waktu kami melakukan order. Akhirnya setelah menunggu sekitar 3 minggu, kami berhasil mendapatkan unit ponsel beserta kacamata pintarnya. Ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari Huawei P40 Pro+ ini juga dapat dibaca di blog ini ya.

Konektivitas

Seperti dilihat pada tabel spesifikasi di atas, konektivitas yang disediakan adalah Bluetooth. Untuk menghubungkan ponsel ke kacamata pintar ini kita harus menginstal aplikasi AI Life. Menurut Huawei sendiri kacamata ini dapat dihubungkan ke perangkat iOS maupun Android seperti halnya perangkat-perangkat lain yang diproduksinya, misalnya Huawei Honor Band (smartwatch) atau Huawei Buds (earphone). Tapi dari pengalaman, saya mengalami sedikit kesulitan ketika menghubungkan kacamata pintar ini ke perangkat iOS. Ketika mencoba untuk menambahkan kacamata Gentle Monster ini, perangkat tidak terdeteksi. Lain halnya jika perangkat coba dihubungkan ke Huawei P40 Pro+, dimana koneksi sangat mudah untuk dilakukan. Tinggal klik Add, dan pilih Eyewear maka kacamata pintar ini dapat terkoneksi secara langsung.

Speaker dan Mikrofon

Kacamata pintar ini dibekali speaker ganda dan desain semi-terbuka yang dijanjikan untuk memberikan suara yang hidup dan berlapis serta merangkul kejernihan audio yang mengesankan. Rongga audio yang unik menumbuhkan suara yang terarah, yang meminimalkan kebocoran suara untuk melindungi privasi kita.

Kacamata ini juga dapat mengurangi kebisingan suara pada masing-masing mikrofon yang juga diletakkan pada bagian samping kacamata. Desain industri eksklusif ini diklaim merupakan suatu pencapaian besar dalam hal menjaga kejernihan audio selama komunikasi. Selain desain ini, digunakan juga teknologi pengurang kebisingan suara AI, yang membuat suara kita akan selalu terdengar dengan mudah dan jernih.

Pengalaman Mendengarkan Musik

Untuk mendengarkan musik kita tinggal memutar menjalankan pemutar musik melalui ponsel yang tentu saja sudah kita hubungkan terlebih dahulu ke kacamata pintar ini. Tidak perlu ada konfigurasi khusus yang perlu dilakukan untuk mendengarkan musik melalui kacamata Gentle Monster ini. Nah, kira-kira bagaimana pengalaman saya mendengarkan musik melalui kacamata ini? Jujur, untuk kualitas suara yang diberikan adalah biasa-biasa saja alias standar. Tentu kita tidak bisa berekspektasi akan mendapatkan suara stereo dengan kualitas suara yang jernih dan renyah untuk didengar sekelas speaker papan atas. Hal ini dapat dimengerti karena desain kacamata tidak memberikan ruang yang cukup untuk menambahkan banyak chip untuk meningkatkan kualitas suara. Tapi, bagi pengguna yang sering bepergian dengan motor saya rasa ini bisa menjadi alternatif dibandingkan menggunakan headset atau earphone yang akan menghilangkan suara di sekitar kita yang tentu saja akan sangat berbahaya. Untuk volume, saya sarankan untuk diatur ke 50% agar suara tidak terdengar oleh orang sekitar kita tapi masih cukup terdengar buat kita ketika berada di keramaian.

Gesture

Kacamata pintar ini juga mendukung gesture untuk menerima/menghentikan panggilan telpon ataupun untuk memutar/menghentikan pemutar musik. Ketuk dua kali untuk menjawab / mengakhiri panggilan, atau menjeda / memutar musik. Gesture ini juga dapat digunakan untuk untuk membangunkan atau mengontrol asisten suara di ponsel, namun fitur ini harus terlebih dahulu diaktifkan pada aplikasi AI Life.

Mengisi Daya

Untuk mengisi daya maka kita cukup memasukkan kacamata Gentle Monster ke kotak (case) kacamata yang disediakan maka kacamata akan otomatis dicharge dan tanda lampu charging di dalam kotak akan menyala: hijau jika sudah penuh, oranye 50% terisi, dan merah jika baterai habis. Disamping itu, kotak kacamatanya sendiri juga harus diisi dayanya dengan kabel USB tipe C yang diletakkan di bawah kotak. Kapasitas kotak kacamata ini adalah 2200 mAh yang diharapkan dapat mengisi daya kacamata untuk 20 jam. Sedangkan kacamatanya sendiri dapat digunakan untuk mendengarkan musik rata 2,5 jam untuk satu kali pengisian daya (ini hasil pengujian di lab).

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan (kacamata ini banyak dijual terpisah dari ponsel Huawei P40 Pro+ di toko online mulai dari Rp. 5 juta), maka value for money sejujurnya menurut pendapat saya tidak terpenuhi. Kacamata Gentle Monster sendiri dijual mulai harga Rp. 2 juta (tanpa embel-embel smartglasses) sehingga harganya lebih dari setengah harga kacamata pintar ini. Nah, untuk penambahan fitur seperti mendengarkan musik maupun menerima panggilan rasanya harga yang ditawarkan terlalu mahal. Tapi, jika kacamata ini diberikan sebagai bagian dari promosi ponsel flagship Huawei yaitu P40 Pro+ maka not bad lah hehe.

Jangan lupa untuk melihat-lihat video Youtube kami di sini, atau langsung saja ke www.youtube.com/sunschannel. Kalo suka silakan dibagikan ke teman-temannya, klik subscribe dan jangan lupa untuk nyalakan tanda lonceng supaya dapat info tentang video-video kami ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *