Kategori
Bagaimana Cara

Sidecar: Tambahan Layar untuk MacBook Anda

Silakan bagikan tulisan ini

Apple memiliki lini produk yang tidak terlalu banyak untuk segmen komputer jinjing (laptop). MacBook dengan ukuran 12 inci (diperkenalkan tahun 2015 tapi telah dihentikan produknya pada 2018) ditujukan untuk pengguna yang menginginkan perangkat yang dapat dibawa kemana-mana tapi masih cukup bertenaga untuk melakukan pekerjaan sehari-hari (mengecek email, mengetik, nonton Youtube, dan lain-lain). MacBook Air dengan ukuran 13,3 inci ditujukan untuk pengguna yang memerlukan layar lebih lapang dengan bobot yang tidak terlalu jauh dengan MacBook versi 12 inci, tapi dengan performa yang cukup mumpuni (versi 2020 telah dibekali dengan processor quad core). Untuk level tertinggi, Apple memosisikan MacBook Pro-nya yang dijanjikan untuk memberikan performa setara dengan komputer desktop.

Konektivitas yang disediakan pada MacBook Air maupun MacBook Pro adalah via port USB tipe C dan tidak menyediakan slot HDMI maupun VGA lagi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghubungkan MacBook Anda ke LCD proyektor atau layar eksternal (monitor atau TV) maka Anda perlu menyediakan dongle khusus untuk ini. Disamping Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan, hal ini juga akan membuat meja Anda menjadi lebih penuh dan tas Anda tambah berat karena perlu membawa tambahan dongle kemana-kemana. Jika Anda kebetulan memiliki iPad maka ada cara gampang untuk mendapatkan layar tambahan untuk bekerja. Silakan dibaca ya tulisan ini.

Syarat Kelengkapan

Untuk dapat menggunakan fitur sidecar ini maka ada beberapa syarat yang harus kita penuhi (untuk MacBook dan iPad).

Mac dengan macOS Catalina

  • MacBook Pro 2016 atau setelahnya.
  • MacBook 2016 atau setelahnya.
  • Macbook Air 2018 atau setelahnya.
  • iMac 2017 atau setelahnya, iMac Retina 5K (27 inci, late 2015).
  • iMac Pro
  • Mac mini 2018 atau setelahnya.
  • Mac Pro 2019.

iPad dengan iOS 13

  • iPad Pro (semua model).
  • iPad (generasi ke-6 dan setelahnya).
  • iPad mini (generasi ke-5).
  • iPad Air (generasi ke-3)

Selain persyaratan di atas, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kedua perangkat Anda (MacBook maupun iPad) telah terhubung ke iCloud dengan menggunakan Apple ID yang sama dan pastikan bahwa two-factor authentication telah dihidupkan.
  • Untuk dapat menggunakan fitur Sidecar dengan koneksi nirkabel (wireless) maka kedua perangkat Anda berjarak maksimal 10 meter (30 kaki) satu dengan yang lainnya, dan Bluetooth, Wi-Fi, serta fitur Handoff telah dinyalakan pada kedua perangkat. Pastikan pula bahwa iPad dan Mac Anda tidak sedang berbagi koneksi internet dengan perangkat lain (menghidupkan personal hotspot).
  • Untuk menggunakan Sidecar melalui kabel USB maka pastikan bahwa Anda sudah mengkonfigurasi agar iPad menerima (trust) koneksi dari Mac.
Cara Menggunakan iPad sebagai Monitor Tambahan Mac Anda

Cara untuk bisa menggunakan iPad sebagai monitor tambahan untuk Mac Anda adalah sangat mudah. Langkah-langkah berikut ini hanya dapat dijalankan kalo Anda telah memenuhi persyaratan-persyaratan di atas.

  1. Sidecar bisa digunakan secara nirkabel, tapi kalo Anda perlu untuk mengisi daya dari iPad ketika menggunakan fitur ini maka sambungkan iPad ke Mac menggunakan kabel USB yang datang bersama iPad Anda.
  2. Klik icon Airplay (  ) pada bagian menu di Mac Anda, kemudian pilih pilihan untuk terhubung ke iPad.
    Jika Anda tidak melihat icon Airplay maka pilih menu Apple () > System Preferences, klik Displays, kemudian pastikan ”Show mirroring options in the menu bar when available” telah dicentang.
  3. Setelah terhubung ke iPad yang diinginkan, maka iPad Anda sekarang telah menjadi monitor tambahan untuk Mac. Anda bisa memindahkan jendela (window) aplikasi yang Anda buka di Mac ke iPad dengan cara menggesernya ke bagian kiri / kanan Mac Anda sampai muncul di iPad.
  4. Untuk menggunakan iPad sebagai cerminan (mirror) dari Mac Anda sehingga tampilan keduanya adalah sama maka kembali ke menu Airplay (kotak biru ketika sedang menggunakan Sidecar). Centang pilihan “mirror your display”. Ini adalah cara yang keren untuk membagikan layar Anda ke orang lain.
  5. Untuk menghentikan sesi Sidecar Anda, kembali ke menu Airplay kemudian pilih pilihan untuk memutuskan (disconnect) hubungan. Atau klik tombol Disconnect pada menu Sidebar di iPad Anda.
Cara menggunakan Sidecar pada MacBook dan iPad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *