Kategori
Bagaimana Cara

11 Tips untuk Menghemat Baterai iPhone di iOS 13

Silakan bagikan tulisan ini

Tiap kali Apple merilis iOS baru (yang terbaru adalah versi Beta iOS 14), pecinta Apple sangat antusias untuk mengetahui apakah versi baru tersebut akan membawa peningkatan dalam hal konsumsi daya (baterai) dari iPhone mereka. Hal ini sangat wajar karena biasanya rilis iOS terbaru juga akan membawa peningkatan efisiensi dalam banyak hal mulai dari kecepatan perangkat, penghematan ruang penyimpanan, sampai dengan konsumsi baterai. Sebenarnya tanpa menunggu rilis iOS terbaru pun ada banyak hal yang dapat kita terapkan untuk menghemat baterai iPhone. Nah, jika kalian salah satu pengguna iPhone yang sangat memperhatikan penggunaan baterai, yuk dibaca artikel ini supaya mendapatkan performa iPhone yang kita inginkan. Oh ya, di artikel ini versi iOS yang digunakan adalah iOS 13.

Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

1 Cek penggunaan baterai untuk masing-masing aplikasi. iPhone kita sebenarnya memantau pemakaian baterai dari semua aplikasi yang kita gunakan. Nah, coba buka Settings kemudian Battery, disana kita bisa temukan aplikasi-aplikasi apa saja yang boros baterai. Sebagai contoh, disini kita lihat Instagram memakai 55% baterai dalam 24 jam terakhir. Kita juga bisa lihat juga pemakaian baterai dalam 10 hari terakhir. Jadi tip pertama tentu saja kurangi pemakaian Instagram untuk menghemat baterai kita.

2 Turunkan brightness dari layar iPhone Anda. Anda bisa melakukan dari control centre di iOS 13. Atau sebagai alternatif, kita juga bisa hidupkan Auto-Brightness yang akan secara otomatis menyesuaikan brightness dari layar dengan cahaya yang ada. Auto-Brightness dapat ditemukan di Settings, Accessibility, Display & Text Size.

3 Turunkan tingkat kecerahan senter. Jika Anda sering menggunakan fitur senter di iPhone Anda maka gunakan tingkat kecerahan yang paling minimum. Cara untuk melakukan ini adalah dengan swipe up untuk menemukan control centre, kemudian tekan dengan sedikit lebih keras pada icon senter dan pilih tingkat kecerahan yang diinginkan. iPhone akan secara otomatis mengingat pilihan tingkat kecerahan ini.

4 Gunakan low power mode. Jika mode ini dihidupkan maka fitur-fitur seperti email fetch, “Hey Siri”, background app refresh, automatic downloads, dan beberapa spesial efek, dan Auto-Lock akan diatur menjadi 30 detik. Biasanya iOS akan merekomendasikan fitur ini untuk dihidupkan ketika baterai iPhone menyentuh 20%, tapi kita juga bisa menghidupkannya langsung ke Settings kemudian Battery, atau dengan meminta Siri dengan perintah “turn on Low Power Mode”. 

5 Jangan Push dan kurangi Fetch. Pesan penting biasanya dikirimkan lewat SMS atau Whatsapp sehingga kita perlu mengatur agar email tidak di-push terlalu sering dan mengurangi fetch. Cek setting email di iPhone dan pastikan push  tidak dihidupkan kemudian fetch diatur ke Manually, atau kalau perlu Hourly. Silakan cek di Settings, Password & Accounts, Fetch New Data. Dengan ini artinya untuk mendapatkan email baru maka kita harus membuka secara manual aplikasi Mail.

6 Matikan Siri. Sebenarnya belum dapat dipastikan sih apakah Siri menggunakan banyak baterai atau tidak. Tapi kalau Anda tidak menggunakan fitur ini mending dimatikan saja ya. Caranya, klik Settings kemudian Siri & Search dan hilangkan centang Listen for “Hey Siri”.

7 Batasi Background App Refresh dan Download otomatis. Banyak aplikasi akan memperbaharui datanya walaupun tidak sedang digunakan sehingga ketika Anda menjalankan aplikasi maka konten terbaru tidak perlu diambil lagi. Fitur ini memang bagus, tapi boros baterai. Untuk mematikannya, klik Settings, General kemudian Background App Refresh. Kita bisa memilih mematikan Background App Refresh atau memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang bisa menjalankannya. Sama halnya dengan Background App Refresh, mengunduh pembaharuan aplikasi secara otomatis juga menghabiskan banyak baterai. Jadi lebih baik fitur ini dimatikan saja melalui Settings, App Store, dan matikan Automatic Downloads.

8 Matikan Visual Effects yang tidak penting. Gerakan maupun visual efek yang bagus tentu sangat mempengaruhi baterai kita. Jadi kalau Anda ingin menghemat baterai, hilangkan visual efek yang tidak penting. Masuk ke Settings, Accessibility, dan Motion. Hidupkan Reduce Motion.

9 Hidupkan Auto-Lock lebih cepat. Layar Anda adalah pengguna baterai paling besar. Untuk menghemat baterai maka adalah ide yang bagus kalau layar dimatikan lebih cepat jika dia dalam keadaan tidak digunakan. Hal ini bisa Anda set di Settings, Display & Brightness, kemudian Auto-Lock. Pilih jeda waktu yang paling singkat yaitu 30 detik.

X Matikan location services. Aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan pergerakan Anda seperti Health, Google Maps, dan lain sebagainya seringkali mencatat perubahan lokasi Anda di belakang layar. Ini tentu saja menguras baterai Anda. Untuk membatasi aplikasi mana yang boleh menggunakan data lokasi Anda silakan ke Settings, Privacy dan Location Services. Nah silakan diatur aplikasi-aplikasi apa yang boleh menggunakan fitur lokasi dari iPhone Anda. Anda boleh memilih salah satu opsi dari 3 pilihan yang disediakan yaitu Never, Ask Next Time atau While Using the App.

Terakhir, batasi Notifications. Terlalu banyak notifikasi yang masuk tidak hanya mengganggu tapi juga menghabiskan baterai Anda. Silakan masuk ke Settings kemudian Notifications. Pilih aplikasi apa saja yang notifikasinya harus langsung terlihat dan mana yang prioritasnya tidak terlalu penting.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kita terapkan untuk menghemat penggunaan baterai iPhone kita di iOS 13. Jika kalian punya tips lain yang bisa ditambahkan silakan tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *