Kategori
Hal yang Dilakukan Kalau

Menjual, Menghibahkan, atau Menukar Mac Anda

Silakan bagikan tulisan ini

Apa yang harus dilakukan ketika Mac (MacBook, iMac, Mac Mini, Mac Pro) Anda telah menua dan sudah tidak mendapat dukungan macOS lagi? Anda punya tiga pilihan. Pertama, menjualnya ke orang lain yang menginginkan Mac dengan spesifikasi yang Anda miliki. Kedua, hibahkan ke orang yang lebih membutuhkan, misalnya ke lembaga pendidikan atau mungkin kerabat dan sahabat Anda yang mungkin membutuhkan perangkat tersebut. Terakhir, Anda dapat menukarnya dengan Mac keluaran terbaru dan tentu dengan harapan agar Mac tersebut dihargai sesuai dengan keinginan Anda. Pilihan manapun yang Anda tentukan maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar dapat berpisah dengan Mac Anda dengan tenang. Nah, apa-apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum menjual, menghibahkan atau menukar Mac Anda? Silakan dibaca terus tulisan ini ya.

Hal-hal yang Harus Dilakukan

1. Buat cadangan (backup) file-file penting Anda.

Aturan pertama sebelum menjual, menghibahkan atau menukar Mac Anda adalah membuat cadangan file-file penting Anda. Anda tentu tidak ingin ketika telah menjual Mac Anda kemudian baru teringat ada file penting yang masih tertinggal di sana yang masih belum Anda backup. Ini tentu akan sangat memusingkan jika terjadi. Anda dapat membuat cadangan file pada Mac menggunakan Time Machine atau bawa semua file Anda ke iCloud.

2. Signout dari iTunes

Jika Anda masih menggunakan macOS Mojave atau versi sebelumnya, maka Anda perlu signout atau keluar dari iTunes sebelum menjual, menghibahkan atau menukar Mac Anda. Ini sangat penting untuk dilakukan agar semua library seperti musik, aplikasi, maupun buku-buku yang Anda beli menggunakan Mac tersebut agar dihapus. Selain itu, jangan lupa Anda hanya bisa mengotorisasi maksimum 5 komputer untuk menggunakan Apple ID yang sama. Sehingga dengan melakukan signout kuota komputer yang dapat menggunakan Apple ID Anda akan bertambah. Caranya adalah dengan menjalankan iTunes, kemudian pada bagian jendela iTunes pilih Account > Authorisations > Deauthorise This Computer. Masukkan Apple ID dan password Anda dan klik Deauthorise.

3. Signout dari iCloud

Selain keluar dari iTunes, Anda juga harus signout dari iCloud. Jika Anda menggunakan iCloud Keychain (fitur yang menyimpan semua password Anda ke iCloud sehingga dapat dengan cepat digunakan pada semua perangkat yang terhubung ke Apple ID yang sama) maka hal ini sangat penting untuk dilakukan agar password Anda tidak jatuh ke orang yang tidak berhak. Jika Anda menggunakan macOS Catalina atau versi selanjutnya, pilih menu Apple  > System Preferences, klik Apple ID Anda. Pada sidebar pilih Overview dan klik Sign Out. Untuk pengguna macOS Mojave dan sebelumnya, Apple  > System Preferences, klik iCloud kemudian klik Sign Out. Anda akan ditanya apakah ingin menyimpan data iCloud Anda pada Mac Anda. Anda dapat memilih Keep a Copy, karena Anda nantinya akan menghapus Mac Anda.

4. Signout dari iMessage

Jangan lupa untuk keluar dari iMessage Anda. Ini tentu saja agar pesan-pesan Anda terhapus dari Mac yang akan Anda jual. Untuk melakukan ini (pengguna macOS Mountain Lion dan versi setelahnya) adalah dengan menjalan aplikasi Messages, kemudian pilih Messages > Preferences dari menu. Klik iMessage dan terakhir klik Sign Out.

5. Reset NVRAM

Matikan (shut down) Mac Anda, kemudian hidupkan kembali dan dengan segera tekan dan tahan kombinasi keempat tombol ini: Option, Command, P dan R. Lepaskan semua tombol setelah 20 detik. Hal ini akan menghapus semua konfigurasi pengguna yang diterapkan pada Mac Anda dan mengembalikan beberapa fitur keamanan iMac yang mungkin pernah diubah sebelumnya.

6. Opsional: Lupakan (Unpair) Perangkat Bluetooth

Anda pasti pernah menghubungkan perangkat nirkabel dengan menggunakan bluetooth ke Mac Anda sebelumnya. Nah, mungkin saja ketika Anda datang ke rumah kerabat/sahabat yang mendapat hibah Mac Anda, perangkat bluetooth tersebut terhubung secara otomatis ke Mac lama Anda tersebut. Untuk memastikan ini tidak terjadi maka lakukan unpair semua perangkat bluetooth Anda sebelum Mac Anda jual, hibahkan atau tukar dengan yang baru. Caranya adalah dengan memilih menu Apple  > System Preferences dan klik Bluetooth. Arahkan mouse Anda ke perangkat bluetooth yang akan di-unpair. Kemudian pilih tanda Remove (x) yang ada di sebelah perangkat tersebut.

7. Hapus Harddisk Anda dan Instal Ulang macOS

Cara terbaik untuk mengembalikan Mac Anda ke keadaan seperti ketika baru keluar dari pabrik adalah dengan menghapus terlebih dahulu harddisk Anda dan menginstal ulang macOS. Setelah macOS selesai diinstal, maka ketika dijalankan ulang, akan muncul setup assistant yang memandu Anda untuk memilih negara atau daerah (country or region). Jika Anda ingin membiarkan iMac Anda dalam keadaan out-of-the-box maka jangan lanjutkan proses ini. Sebaliknya, tekan Command+Q untuk mematikan Mac Anda. Nah, ketika pemilik barunya menghidupkan Mac ini pertama kali, setup assistant akan memandunya untuk melakukan proses setup.

Okay, itulah kira-kira yang harus kita ingat ketika ingin menjual, menghibahkan atau menukar perangkat Mac kita. Apakah Anda punya tips lain yang bisa ditambahkan? Atau pertanyaan mengenai masing-masing hal yang disebutkan di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *