Kategori
Ulasan

Gadget untuk Mengukur Saturasi Oksigen (SPO2)

Silakan bagikan tulisan ini

Di masa pandemi ini (yang sampai sekarang belum ketahuan kapan berakhirnya), menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain tentu saja menjaga badan tetap sehat dengan berolahraga, kita harus selalu peduli dan awas terhadap tanda-tanda vital dari tubuh kita. Salah satu tanda penting yang diberikan oleh tubuh kita adalah saturasi oksigen dalam darah (SPO2). Menurut Medke.com, saturasi oksigen dalam darah adalah ukuran banyaknya jumlah hemoglobin (sel darah merah) yang beroksigen dibandingkan dengan yang tidak mengandung oksigen.

SPO2 ini sendiri dapat diukur dengan suatu metode tidak langsung, dalam artian tidak memperkenalkan instrumen ke dalam tubuh, yang disebut dengan plus-oximetry. Cara kerja metode ini adalah dengan pertama kali memancarkan cahaya ke ujung jari kita kemudian menangkap gelombang cahaya yang dilewatkan oleh pembuluh darah. Nilai SP02 dinyatakan dalam persentase yang menunjukkan perbandingan antara hemoglobin beroksigen dan tidak. Sebagai contoh, jika nilai SPO2 Anda adalah 98% maka 98% hemoglobin dalam darah mengandung oksigen sedangkan 2% tidak. Nah, selanjutnya dikatakan bahwa nilai normal SPO2 adalah berkisar antara 95%-100%.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah hubungan SPO2 ini dengan pandemic covid-19 yang sedang kita hadapi? Menurut WHO (World Health Organization), gejala paling serius ketika seseorang terkena covid-19 adalah kesulitan bernafas atau sesak nafas. Harian Kompas menyatakan bahwa salah satu perbedaan paling mendasar apakah sesak nafas merupakan gejala covid-19 atau penyakit lainnya adalah adanya penurunan saturasi oksigen secara cepat dan tiba-tiba. Oleh karena itu, mengukur kadar SPO2 dalam tubuh kita secara rutin adalah penting untuk dilakukan sebagai satu cara untuk mendeteksi secara dini kemungkinan adanya virus Covid-19 di dalam tubuh kita.

Gadget Pengukur SPO2

Beberapa gadget yang dapat kita gunakan untuk mengukur kadar SPO2 dalam darah kita antara lain Huawei Honor Band 5 dan Samsung Galaxy S10+. Harga dari Honor Band 5 pada toko online berkisar dari Rp. 345 ribu – Rp. 425 ribu, sedangkan Galaxy S10+ masih dijual dengan harga di atas 12 jutaan rupiah. Masih ada pula gadget-gadget lain yang bisa digunakan untuk mengukur SPO2 yang dijual di toko-toko online (gunakan kata kunci Pulse Oxymeter). Nah, pada tulisan kali ini kita coba yah mengukur SPO2 dengan menggunakan Honor Band 5 dan Galaxy S10+.

Honor Band 5

Pada Honor Band 5, cara mengukur SPO2 adalah sangat mudah. Swipe ke atas pada layar sampai Anda menemukan menu SPO2. Ketuk sekali maka pengukuran akan dilakukan.

Galaxy S10+

Untuk dapat melakukan pengukuran SPO2 pada Galaxy S10+ maka kita harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Samsung Heath lewat Play Store. Jika sudah terinstal, maka jalankan aplikasinya, kemudian pilih Stress, dan klik Measure. Sebelumnya jangan lupa untuk meletakkan telunjuk jari kita pada sensor yang telah disediakan di bagian belakang ponsel, dekat dengan lampu kilat untuk kamera.

Nah, seperti itu cara kita mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah kita ya guys. Sebenarnya masih banyak gadget lain yang bisa kita pakai, ada yang harganya lebih murah maupun lebih mahal daripada gadget yang kita pakai disini. Akan tetapi, jika kalian kebetulan telah memiliki Honor Band 5, maka gadget ini cukup baik untuk mengukur SPO2. Disamping itu harga yang kita bayarkan untuk gadget ini juga masih terjangkau. Jangan lupa menjaga kesehatan ya semuanya!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *