Kategori
Ulasan

Apple Luncurkan 2 Seri Apple Watch dan iPad

Silakan bagikan tulisan ini

Even September Apple yang bertajuk ‘Time Flies’ telah berakhir beberapa waktu yang lalu. Seperti telah diprediksi oleh pengamat, Apple tidak memperkenalkan iPhone seri terbarunya pada ajang tersebut. Dari awal mulainya acara, Tim Cook sudah mengatakan bahwa ia hanya akan fokus pada dua produk, yaitu Apple Watch dan iPad. Nyaris tidak ada kejutan yang diberikan pada ajang ini, Apple Watch Series 6 dan SE yang merupakan versi murahnya, dan iPad generasi ke-8 dan iPad Air 4. Nah, kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh Apple melalui produk-produk tersebut. Yuk sama-sama kita ulas ya.

Apple Watch Series 6

Tidak banyak yang berubah dari Apple Watch Series 6 yang diperkenalkan tahun ini. Desain dari Apple Watch Series 6 sama persis dengan pendahulunya yaitu Series 5. Akan tetapi, pada Series 6 Apple membawa dua warna baru yaitu biru dan merah. Untuk tali jamnya pun ada tipe baru yang disebut Solo Loop. Tali jam ini bersifat one-piece dan tidak memiliki buckle atau pengikat seperti biasanya jam tangan. Untuk tipe Solo Loop ada juga yang berbentuk seperti anyaman benang yang disebut Braided Loop.

Mungkin yang menjadi daya tarik Series 6 ini adalah adanya fitur untuk mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah (SPO2). Fitur ini menjadi sangat penting artinya di kala pandemik Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini. Selain itu, dikatakan oleh Apple Series 6 akan dikirim ke pelanggan dengan sistem operasi terbaru WatchOS 7 yang menawarkan lebih banyak personalisasi, fitur kesehatan dan fitness. Oh ya, pada ngomong-ngomong masalah fitness, Apple pada ajang tersebut juga memperkenalkan layanan baru yang disebut Apple Fitness+. Layanan ini bisa digunakan untuk kita yang ingin menjaga kesehatan dengan mengikuti instruktur-instruktur fitness yang terkenal sebagai pelatih pribadi kita. Bagus juga ya idenya, hehehe. Dari sisi kesehatan, Appl Watch Series 6 bisa mendeteksi jika kita sedang mencuci tangan dan akan memperingati kita jika waktu yang kita gunakan untuk melakukannya adalah kurang dari 20 detik. Wah keren sekali ya!

Untuk harga, Apple Watch Series 6 ditawarkan mulai dari $399 yang mulai Jumat, 19 September 2020. Tapi untuk di Indonesia belum pasti ya kapan masuknya. Rasanya kita harus menunggu sampai dengan awal tahun untuk mendapatkannya. Kecuali kita mau membeli barang black market dengan harga yang lumayan jauh dari harga resminya.

Apple Watch SE
Sumber: Apple.com

Disamping Series 6, Apple juga memperkenalkan Apple Watch SE dengan harga yang lebih bersahabat untuk kantong. Apple Watch SE ini menggunakan prosesor yang sama dengan Apple Watch Series 5 dan dijanjikan untuk memberikan performa yang 2x lebih kencang dibandingkan Apple Watch Series 3. Apple Watch SE dijual mulai harga $199.

iPad Generasi ke-8 dan iPad Air Generasi ke-4
Sumber: Apple.com

Pada even yang lalu, Apple juga merilis generasi ke-8 untuk iPad. iPad ini dibekali dengan prosesor A12 bionic yang tentu saja akan memberikan performa yang lebih baik dengan harga beli yang sama dengan pendahulunya. iPad ini juga memberikan dukungan kepada Apple Smart Keyboard dan juga iPadOS 14. Akan tetapi, jangan berharap perubahan dari sisi desain ya karena iPad generasi ke-8 bentuknya sama persis dengan iPad generasi ke-7. Sisi luar layar yang besar dan Touch ID juga masih disematkan pada iPad ini. Walaupun mendukung Apple Pencil generasi pertama tapi tidak ada cara untuk menempelkan pensil ini seperti pada iPad Pro. iPad generasi ke-8 mulai dijual lewat situs Apple.com tanggal 15 September 2020 dengan harga $329 versi Wi-Fi dan $459 untuk versi seluler? Bagaimana? Tertarik untuk membelinya? Saya rasa iPad ini lumayan untuk pengguna entri level yang membutuhkan tablet untuk pekerjaan dasar sehari-hari seperti mengetik, membuat presentasi, atau belajar dari rumah.

Sumber: Apple.com

iPad Air generasi ke-4 terlihat merupakan perpaduan antara iPad biasa dengan iPad Pro dari sisi desain dan bentuknya. Ukuran layarnya adalah 10,9 inci tanpa bezel persis seperti iPad Pro. Prosesor yang disematkan pada iPad Air generasi ke-4 ini adalah A14 bionic yang secara teori akan mengalahkan iPad Pro generasi terbaru yaitu iPad Pro 2020 yang masih menggunakan A12Z. Disamping itu iPad Air generasi ke-4 juga mendukung Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil generasi ke-2. Jadi untuk kalian yang membutuhkan iPad dengan performa yang kencang, dukungan aksesoris terbaru dari Apple namun dengan harga yang lebih murah maka iPad Air saya rasa adalah pilihan yang sangat tepat. Untuk ketersediaan, iPad Air generasi ke-4 akan hadir pada bulan Oktober (kemungkinan besar berbarengan dengan iPhon 12) mulai harga $599. Jika pada seri iPhone ada iPhone 11 dengan warna-warna yang menarik, maka iPad Air generasi ke-4 ini hadir dengan 5 pilihan warna yaitu space grey, perak (silver), rose gold, hijau (green), dan biru langit (blue sky).

Nah, demikianlah produk-produk yang dirilis oleh Apple pada even Time Flies beberapa waktu yang lalu. Kira-kira produk mana yang akan kalian beli? Silakan tinggalkan komentarnya pada bagian komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *