Kategori
Ulasan

iPhone 12 Telah Dirilis

Silakan bagikan tulisan ini

Seperti telah diprediksi sebelumnya, pada even Hi, Speed beberapa waktu lalu akhirnya Apple merilis seri iPhone terbarunya yaitu iPhone 12. Disamping itu, iPhone juga merilis versi mini dari HomePod yaitu HomePod Mini. Tapi dari beberapa prediksi yang dirumorkan oleh netizen, ternyata AirTags maupun Airpods Studio urung diperkenalkan di acara ini. Mungkin Apple, akan membuat satu acara lagi di bulan November nanti. Tapi, daripada bingung menggosipkan produk yang belum dirilis mending kita bahas yah produk-produk yang telah diluncurkan oleh Apple secara resmi. Nah apa saja sih kelebihan dari masing-masing seri iPhone 12 maupun HomePod Mini ini? Yuk sama-sama kita kupas di sini.

HomePod Mini

HomePod Mini merupakan alternatif bagi fans Apple yang menginginkan speaker dengan kualitas suara setara dengan HomePod ($299) namun dengan harga yang terjangkau. Dengan harga yang hanya $99 tentu ini akan menjadi pilihan yang sangat menarik untuk diletakkan di seluruh ruangan di rumah. Jika kita memiliki alokasi dana untuk membali satu HomePod maka dapat membeli 3 HomePod Mini yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antar ruangan. Hal ini dimungkinkan karena HomePod Mini memiliki fitur yang disebut sebagai intercom dengan bantuan Siri. Jadi misalnya kita ingin memanggil seluruh anggota keluarga untuk makan bersama, maka kita tinggal perintahkan Siri untuk meneruskan voice note kita ke semua HomePod Mini yang ada. Fitur intercom ini juga dapat digunakan via semua produk Apple sehingga kita bisa mengirimkan voice note dari iPhone untuk diteruskan ke rumah ataupun dari Apple Watch kita. Menarik bukan? Disamping itu, HomePod Mini juga dapat dengan mudah membedakan suara masing-masing anggota keluarga. Intinya, bentuk mini dari HomePod Mini ini tidak membuatnya kekurangan fitur, tapi justru kaya akan fitur-fitur yang canggih dan bermanfaat.

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini

Untuk meneruskan generasi iPhone 11 maka pada even yang sama Apple merilis dua buah iPhone yaitu iPhone 12 dan iPhone 12 Mini. Ya, sepertinya Apple memang serius menggarap lini produk yang dengan nama Mini. Mulai iPad Mini, HomePod Mini, dan sekarang iPhone 12 Mini. Ukuran dari iPhone 12 Mini ini adalah 5.4” dan 6.11” dengan layar Super Retina XDR. Bodi samping dari iPhone 12 menggunakan bahan stainless steel dan teknik finishing yang digunakan yang disebut Apple sebagai ceramic shield untuk memberikan 4x tingkat kekuatan terhadap benturan. Disamping itu, ketahanan terhadap air maupun percikan air juga telah ditingkatkan pada seri iPhone 12 ini. Untuk dapur pacu, iPhone 12 telah menggunakan A14 Bionic yang merupakan prosesor tercepat dari Apple saat ini dengan teknologi 5 nanometernya. Salah satu kejutan dari Apple pada acara ini adalah adanya MagSafe yaitu wireless charger yang kompatibel dengan semua seri iPhone 12. Sepertinya ini cara Apple untuk mengatakan bahwa USB Type-C tidak akan datang ke iPhone tapi Apple lebih memilih charger wireless. Apa mungkin tahun kita melihat iPhone tanpa port USB? Kita lihat saja nanti ya. Oh ya iPhone 12 tersedia dengan kapasitas 64GB, 128GB dan 256GB dan 5 pilihan warna yaitu hitam, putih, biru, hijau dan merah. Harga termurah iPhone 12 Mini dan iPhone 12 adalah $729 dan $829. Pre-order untuk iPhone 12 dimulai pada 16 Oktober sedangkan iPhone 12 Mini pada 16 November.

iPhone 12 Pro

Disamping iPhone 12, Apple juga merilis seri tertinggi dari iPhone yaitu iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Kedua iPhone ini memiliki ukuran masing-masing 6.1” dan 6.7” sehingga kedua iPhone ini lebih besar dibandingkan pendahulunya. Untuk prosesor, sama seperti iPhone 12, kedua iPhone pada seri Pro juga menggunakan A14 Bionic. Kedua iPhone versi Pro ini juga dibuat menggunakan ceramic shield sehingga diklaim 4x lebih tahan banting dibandingkan seri sebelumnya. Untuk urusan ketahanan terhadap air, seri Pro telah memiliki sertifikasi IP68 yang merupakan standar industri paling tinggi saat ini. Kedua iPhone juga dilengkapi dengan LiDAR scanner (seperti telah diduga sebelumnya) yang dapat digunakan pada mode portrait. Perbedaan terjadi pada sisi zoom dimana untuk optical zoom iPhone 12 Pro mampu sampai dengan 4X sedangkan iPhone 12 Pro Max sampai 5X. Disamping itu, untuk digital zoom hanya ada pada iPhone 12 Pro Max sampai dengan maksimum 12X. Kedua iPhone mendukung MagSafe, selain itu yang menjadi andalan adalah adanya fitur ProRaw yang memungkinkan foto disimpan dalam format raw. Hal ini sangat penting bagi para editor foto yang dapat memproses foto raw ini sesuai dengan keinginannya. Dan hebatnya lagi, kita tidak perlu menginstal aplikasi lain lagi karena untuk mengedit foto raw dapat langsung dilakukan pada aplikasi Photo bawaan Apple. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tersedia dalam pilihan 128GB, 256GB dan 512GB dan dapat dipesen mulai tanggal 16 Oktober (Pro) dan 6 November (Pro Max). Harga termurah adalah $999 untuk Pro dan $1099 untuk Pro Max. Sedangkan untuk pilihan warna ada empat yaitu hitam, putih, emas dan biru.

Nah itu dia guys, semua produk yang dirilis oleh Apple pada even Selasa yang lalu. Kira-kira apakah kalian tertarik untuk membeli salah satu produk? Jangan lupa berikan tanggapan atau komentar kalian pada bagian komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *