Kategori
Ulasan

Review iPad Air 4

Silakan bagikan tulisan ini

iPad Air 4 merupakan generasi iPad terbaru yang dirilis oleh Apple pada even “Time Flies” September lalu. iPad Air 4 ini menggunakan chip Apple A14 Bionic yang merupakan prosesor Apple pertama dengan arsitektur 5 nm. Prosesor ini juga ditanamkan pada iPhone seri 12 sehingga disinyalir merupakan yang tercepat untuk saat ini. Nah, sedikit menjadi pertanyaan adalah fakta bahwa Apple menyematkan prosesor tercepatnya pada iPad Air yang merupakan seri menengah dari lini iPad dan bukan pada iPad Pro. Kemungkinan besar Apple akan menyematkan sesuatu yang baru atau teknologi yang lebih maju pada seri iPad Pro berikutnya. Hal ini rasanya sangat mungkin untuk dilakukan Apple untuk tetap membedakan segmen dari iPad Air dan iPad Pro. Sangat menarik untuk ditunggu ya kejutan dari Apple berikutnya, tapi untuk tulisan kali ini yuk kita kupas tuntas dulu iPad Air 4 ini.

Unboxing iPad Air 4 Skyblue 2020 dengan bahasa Indonesia

What’s in the Box?

Ok, sebelum kita masuk ke sisi teknis dari iPad Air ini ada baiknya kita lihat dulu ya apa yang ada di dalam kotak iPad Air 4. Seperti biasa di dalam kotak berisikan manual beserta dua stiker Apple dan kepala charger serta kabel USB-C ke USB-C. Hal ini berbeda dengan apa yang diberikan oleh Apple untuk seri iPhone 12. Sesuai dengan misi Apple untuk mengurangi jejak karbon produknya, yang diumumkan pada even “Hi, Speed” Oktober lalu, maka mulai seri iPhone 12 Apple tidak lagi menyertakan kepala charger dan earpods pada paket penjualannya. Kedua produk tersebut dapat dibeli secara terpisah dari paket iPhone seri 12. Nah, kira-kira itulah isi dari kotak iPad Air 4.

Spesifikasi Lengkap

Berikut ini merupakan spesifikasi lengkap dari iPad Air 4. iPad Air 4 masih tersedia dalam dua model yaitu Wi-Fi dan LTE. Dari sisi berat, kedua model ini tidak berbeda jauh (hanya berbeda 2 gram). Untuk bahan, bagian depan iPad Air 4 terbuat dari kaca sedangkan bagian belakang dan kerangka samping terbuat dari aluminium. Untuk kapasitas penyimpanan, iPad Air 4 datang dengan 2 pilihan yaitu 64GB untuk versi terendah dan 256GB untuk kapasitas paling besar. Pada sisi layar, teknologi yang digunakan adalah Liquid Retina IPS LCD dengan tingkat kecerahan 500 nit dan resolusi 1640*2360 piksel. Dengan ukuran resolusi tersebut maka kepadatan pikselnya adalah 264 ppi. Untuk CPU, iPad Air 4 ditenagai oleh prosesor dengan 6 inti sedangkan untuk GPU menggunakan 4 inti. Kamera belakang yang disediakan hanya satu dengan ukuran 12MP dan bukaan lensa f/1,8, sedangkan kamera depan berukuran 7MP dan bukaan f/2,0. Untuk komunikasi, iPad Air 4 dibekali Wi-Fi tipe 802.11 a/b/g/n/ac/6 dual-band, Bluetooth 5.0 namun minus NFC. Ukuran baterai yang disematkan adalah 28,6 Wh dengan lama penggunaan mencapai 10 jam untuk pemakaian multimedia.

JARINGANTeknologiGSM / HSPA / LTE
UKURANDimensi247,6 * 178,5 * 6,1 mm
9,75 * 7,03 * 0,24 inci
Berat458 gram (Wi-Fi) / 460 gram (LTE)
BahanBagian depan kaca, bagian belakang aluminium, kerangka aluminium
SIMNano-SIM, e-SIM
LAYARTipeLiquid Retina IPS LCD, 500 nit
Ukuran10,9 inci; 359,2 cm2 (~81,3% rasio layar ke body)
Resolusi1640 * 2360 piksel (~264 ppi)
PLATFORMOSiPadOS 14.1
ProsesorApple A14 Bionic (5nm)
CPUHexa-core
GPUApple GPU (4-core)
MEMORISlot KartuTidak ada
Internal64GB, 256GB
KAMERA BELAKANGSingle12 MP; f/1,8 (wide)
Video4K@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps; gyro-EIS
KAMERA DEPANSingle7 MP, f/2.0, 31mm (standar)
Video1080p@30/60fps
SUARASpeakerStereo
3,5mm JackTidak ada
KOMUNIKASIWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, EDR
GPSYa dengan A-GPS, GLONASS (model LTE)
NFCTidak ada
RadioTidak ada
USBUSB-C; konektor magnet
FITURSensorFingerprint, accelerometer, gyro, compass, barometer
BATERAITipeLi-Po, non-removable (28,6 Wh)
Waktu PenggunaanSampai dengan 10 jam (multimedia)
LAIN-LAINWarnaSpace grey, silver, rose gold, green, sky blue
ModelA2324, A2072
HargaRp. 11.099.000 (64GB)
Rp. 13.999.000 (256GB)
Spesifikasi iPad Air 4 (Sumber: GSMArena)
Desain

Jika dilihat dari sisi desain, iPad Air 4 ini sama persis dengan iPad Pro 2018. Kedua iPad ini menggunakan desain flat-edged yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 4. Pada bagian belakang, bentuk dan penempatan kamera dari kedua iPad ini adalah identik. Tombol untuk menaikkan atau menurunkan volume suara iPad juga bentuk dan penempatannya sama persis. Perbedaan keduanya hanya terlihat pada tombol Power di bagian atas dimana pada iPad Air 4 ukurannya lebih panjang dibandingkan dengan iPad Pro 2018.

Jika dibandingkan dengan iPad Air 2 maka terlihat perbedaan yang sangat mencolok dari sisi desain. iPad Air 2 masih menggunakan desain melengkung (curve-edged) yang diperkenalkan pertama kali oleh Apple pada iPhone 6. Perbedaan juga terlihat pada bentuk dari tombol Power serta tombol volume. Sedangkan pada bagian bawah iPad, generasi ke-2 masih menggunakan konektor Lightning sedangkan generasi ke-4 ini sudah mengadopsi USB tipe C.

Touch ID

Pada iPad Air 4 ini, Apple menghilangkan tombol “Home” dari posisi biasanya yaitu di bagian bawah layar. Biasanya tombol ini berfungsi juga untuk Touch ID, yang memungkinkan kita membuka kunci iPad dengan sidik jari kita. Penghapusan tombol ini tentu membuat tampilan iPad Air 4 menjadi semakin mirip dengan iPad Pro dengan layar yang lebih luas dan lega. Akan tetapi, jika pada iPad Pro kita bisa membuka kuncinya menggunakan Face ID, maka untuk iPad Air 4 kita tetap dapat menggunakan Touch ID. Hanya saja, tombol Touch ID disatukan dengan tombol Power yang ada pada bagian atas iPad Air 4.

Dukungan Aksesoris

iPad Air 4 ini mendukung aksesoris-akesoris keluaran Apple lainnya seperti Apple Pencil generasi kedua dan Apple Magic Keyboard. Apple Magic Keyboard dapat digunakan karena pada bagian belakang iPad Air 4 juga dibekali penghubung magnet yang berupa tiga bulatan berwarna keemasan. Fungsi dari penghubung magnet ini adalah untuk melekatkan dan menjadi sumber daya untuk Apple Magic Keyboard. Untuk Apple Pencil yang didukung adalah generasi ke-2 yang juga dapat digunakan pada iPad Pro. Jika tidak digunakan maka Apple Pencil ini dapat diletakkan pada bagian samping iPad Air yang berfungsi juga untuk mengisi dayanya.

Dengan didukungnya kedua aksesoris yang sebelumnya hanya dapat digunakan pada iPad Pro maka sedikit banyak Apple telah mengurangi pangsa pasar dari iPad Pro itu sendiri. Rasanya langkah ini dilakukan oleh Apple untuk menarik keinginan pasar untuk membeli iPad Air 4 ini karena tidak ada fitur revolusioner yang disematkan pada generasi terbaru iPad Air ini. Selanjutnya, Apple butuh fitur-fitur baru yang lebih wah yang akan disematkan pada generasi iPad Pro berikutnya untuk tetap memberikan perbedaan antara kedua segmen ini.

Kesimpulan

Nah, sampailah kita pada akhir ulasan ini. Pertanyaannya adalah apakah iPad Air 4 ini worth it untuk dibeli? Jawaban saya adalah Ya. Ada beberapa alasan untuk jawaban saya tersebut. Pertama, dari sisi harga tentu saja iPad Air 4 jauh lebih murah dibandingkan dengan iPad Pro 2018 ataupun iPad Pro 2020. Kedua, dengan harga murah tersebut iPad Air 4 ternyata dibekali dengan prosesor A14 Bionic Apple yang terbaru dan tercepat untuk saat ini. Prosesor ini tentu saja akan dapat mendukung pembaharuan untuk iPadOS paling tidak 3 generasi ke depan. Ketiga, dukungan aksesoris yang sama dengan iPad Pro. Jika Anda yang menginginkan untuk menggunakan iPad dengan tambahan Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil generasi ke-2 yang awalnya harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan iPad Pro yang kompatibel dengan kedua aksesoris tersebut, kini mendapatkan alternatif yang lebih murah yang tentu saja dapat menghemat uang yang Anda keluarkan. Terakhir, alasan ini tentu subyektif ya tapi menurut saya pilihan warna yang disediakan pada iPad Air jauh lebih segar dan lebih trendi di kalangan generasi muda. Lihat saja warna Sky Blue pada gambar-gambar di atas, keren sekali kan? Pantas saja, sejak peluncurannya pada Jumat, 20 November 2020 lalu, warna ini laris manis. Bahkan ketika tulisan ini dibuat, status dari semua tipe iPad Air 4 pada salah satu pemegang lisensi resmi Apple di tanah air (iBox), baik warna maupun kapasitasnya, sudah sold out alias habis tidak berbekas. Ternyata pandemic Covid-19 tidak menyurutkan para pembeli untuk mendapatkan iPad Air generasi terbaru ini. Bagaimana dengan Anda?

2 tanggapan untuk “Review iPad Air 4”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *