Kategori
Ulasan

AirPods Max: Headphone Tercanggih Apple

Silakan bagikan tulisan ini

Setelah beberapa waktu terus didesas-desuskan akan mengeluarkan headphone over-ear, yang disinyalir merupakan versi lebih canggih dari AirPods Pro, akhirnya Apple resmi memperkenalkan AirPods Max pada Selasa, 12 Desember 2020 lalu. Seperti telah diketahui bahwa Apple sebelumnya telah mengakuisisi Beats, pabrikan produk audio untuk konsumen, pada 2014 lalu. Hal ini langsung memunculkan isu bahwa Apple berencana untuk mengeluarkan produk headphone-nya yang didasarkan pada teknologi Beats. Akan tetapi, Apple tidak kunjung mengeluarkan headphone canggih ini sampai dengan tahun 2020. Menurut bocoran dari orang dalam, pengembangan AirPods Max ini membutuhkan waktu setidaknya empat tahun. Nah, kira-kira seperti apa desain dan kelebihan dari AirPods Max ini? Yuk kita bahas sama-sama ya guys.

Kenapa AirPods Max?

Sebelum resmi diperkenalkan, banyak isu yang berkembang mengenai nama dari headphone Apple ini. Salah satu nama yang paling sering dibicarakan adalah AirPods Studio. Jadi nama AirPods Studio dikatakan akan digunakan Apple untuk membedakan segmen pengguna dari produk heaphone ini. Tetapi pada akhirnya Apple menyematkan nama AirPods Max, yang saya rasa disesuaikan dengan penamaan pada produk iPhone. Dengan menggunakan embel-embel Max di belakangnya maka tentu saja AirPods Max adalah headphone tercanggih yang dimiliki oleh Apple, dan sudah barang tentu termahal yang pernah dijual oleh Apple sejauh ini. Bandrol yang diberikan oleh Apple adalah $549 yang jika dirupiahkan menjadi Rp. 7,7 – 8 juta. Suatu harga yang sangat mahal tentunya untuk sebuah headphone. Apple mengatakan bahwa AirPods Max menawarkan keseimbangan sempurna antara audio fidelitas tingkat tinggi yang menyenangkan dan keajaiban AirPods yang sangat mudah untuk digunakan. Biasanya jika Apple menjanjikan sesuatu maka memang benar itulah yang kita dapatkan.

Desain

Dilihat dari sisi desain, AirPods Max memang premium. Sebagian besar material yang digunakan adalah berupa stainless steel, mulai dari kerangka dari headphone sampai dengan bagian penutup telinganya. Hal ini mungkin yang menyebabkan AirPods Max sedikit berat yaitu 384 gram. Untuk warna, AirPods Max ditawarkan dalam 5 pilihan warna seperti pada iPad Air 4, yaitu space gray, silver, hijau, sky blue, dan merah muda.

Bagian penutup telinga (yang bisa dilepas), terdiri dari dua bagian, yaitu busa (cushion) dan bagian rangkanya. Busa untuk penutup telinga AirPods Max terbuat dari tekstil berbahan mesh yang dirancang khusus untuk membungkus bantalan telinga untuk memberikan kelembutan seperti bantal saat mendengarkan. Dibuat dengan busa memori yang direkayasa secara akustik, bantalan telinga ini dengan lembut membuat suatu segel kuat yang menjadi dasar suara yang jernih.

Pada bagian rangka penutup telinga, Apple juga menambahkan digital crown seperti pada Apple Watch. Digital Crown ini berfungsi untuk mengontrol volume suara headphone dengan tepat, melompati track lagu, menerima panggilan, dan mengaktifkan Siri.

Bagian canopy (bagian atas yang headphone yang bersentuhan dengan kepala), yang terbentang seperti ikat kepala, terbuat dari jaring rajut yang dapat “bernafas”, serta mendistribusikan bobot untuk mengurangi tekanan pada kepala.

Rangka baja tahan karat dibalut dengan bahan yang lembut untuk disentuh untuk kombinasi kekuatan, fleksibilitas, dan kenyamanan yang luar biasa. Sehingga jika dilihat dari sisi desain maka bandrol harga yang diberikan oleh Apple mungkin sedikit banyak bisa dijustifikasi.

Fitur-fitur

AirPods Max menggabungkan audio fidelitas tingkat tinggi dengan fitur Active Noise Cancellation yang terdepan di industri. Hal ini dilakukan Apple untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan yang tak tertandingi. Setiap bagian dari driver dibuat secara khusus yang berfungsi untuk menghasilkan suara dengan distorsi sangat rendah pada seluruh rentang suara. Dari bass yang dalam dan kaya hingga mid yang akurat dan nada tinggi yang jernih, Apple menjanjikan bahwa setiap nada akan terdengar dengan tingkat kejernihan yang baru.

Untuk menghilangkan suara dari luar yang tidak diinginkan, AirPods Max menggunakan total enam mikrofon yang menghadap ke luar untuk mendeteksi kebisingan di lingkungan sekitar kita, dan dua mikrofon yang menghadap ke dalam untuk mengukur apa yang kita sedang dengarkan. Desain ini membantu mengisolasi suara Anda saat panggilan telepon, sehingga terdengar jelas, bahkan dalam situasi berangin. Selain active noise cancellation, AirPods Max juga dapat digunakan pada mode transparency seperti layaknya AirPods Pro.

Dengan chip H1 rancangan Apple yang andal di setiap penutup telinga, desain akustik khusus, dan perangkat lunak yang canggih, AirPods Max menggunakan audio komputasi untuk menciptakan pengalaman mendengarkan yang luar biasa. Dengan memanfaatkan 10 inti audio masing-masing chip, audio komputasi membantu memblokir kebisingan dari luar, menyesuaikan audio agar pas dengan bantalan telinga Anda, dan membuat adegan film terdengar seperti sedang terjadi di sekitar Anda. Hal ini dimungkinkan oleh fitur spatial audio yang sama dengan yang ada pada AirPods Pro.

Ada banyak fitur lain yang ditawarkan oleh AirPods Max. Salah satunya adalah AirPods Max akan berhenti sebentar ketika Anda melepaskannya dan akan langsung memutar kembali audio ketika Anda memasangnya kembali. Selain itu, AirPods Max dapat memerintahkan Siri untuk mengucapkan pesan yang masuk dengan fitur Announce Message. Dan tentu saja, kita dapat berkomunikasi dengan Siri dengan mengucapkan “Hey, Siri” pada AirPods Max.

Konektivitas

AirPods Max akan terhubung ke iPhone atau iPad secara langsung ketika didekatkan. Kita hanya perlu menekan tombol “Connect” untuk memasangkan AirPods Max ke iPhone atau iPad. Hal ini sama persis dengan cara kita memasangkan AirPods Pro ke perangkat Apple lainnya. Jika terhubung, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas yang menyatakan bahwa AirPods Max sudah terhubung ke perangkat kita.

Daya Tahan Baterai

Untuk daya tahan baterai, Apple mengklaim bahwa AirPods Max akan dapat digunakan selama 20 jam untuk mendengarkan, menonton film, atau berbicara dengan active noise cancellation dan spatial audio diaktifkan. Selain itu, AirPods Max dapat diisi dayanya via kabel lightning, dimana 5 menit pengisian daya dapat menambah 1,5 jam waktu untuk mendengarkan pada AirPods Max.

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan, maka wajar jika orang menganggap bahwa AirPods Max adalah sangat mahal. Namun, tentu saja kita harus mencoba menggunakannya terlebih dahulu untuk dapat menentukan apakah harga yang ditawarkan setimpal dengan fitur-fitur dan kenyamanan yang diberikan oleh AirPods Max. Untuk saat ini, saya rasa harga dari AirPods Max sedikit “kemahalan”, tapi siapa tahu kesan mahal ini berubah ketika pengalaman menggunakan AirPods Max sudah dapat dirasakan secara langsung. Seperti kata pepatah, “don’t judge a book by its cover“, maka untuk menyatakan mahal / tidak silakan dicoba terlebih dahulu ya AirPods Max-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *