Kategori
Ulasan

iPad Air 4 vs iPad Pro 2020

Silakan bagikan tulisan ini

Beberapa saat yang lalu Apple telah merilis seri terbaru iPad Air-nya yaitu iPad Air 4 pada acara bertajuk “Time Flies” bulan September lalu. iPad Air sendiri merupakan tablet Apple yang ditujukan untuk segmen menengah. Untuk segmen paling atas, Apple juga telah memperkenalkan iPad Pro 2020 secara langsung pada Website-nya. Walaupun ditujukan untuk segmen yang berbeda, adalah sangat menarik untuk membandingkan kedua tablet Apple ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kalian yang tertarik pada review lengkapnya, sebelumnya kami juga telah mengulas secara detail iPad Air 4 maupun iPad Pro 2020. Bagi kalian yang masih bingung untuk menentukan apakah mau membeli beli iPad Air 4 atau iPad Pro 2020 maka pada tulisan kali ini kami mencoba untuk membantu kalian mendapatkan jawabannya. Kita akan membandingkan secara detail kedua tablet keluaran Apple tadi mulai dari kapasitas penyimpanan, memori, prosesor, layar, sampai konektivitas yang disediakan. Ok tanpa banyak menunda waktu kita simak saja yuk tulisannya.

Video perbandingan iPad Air 4 dengan iPad Pro 2020

Kapasitas Penyimpanan dan Harga

Kapasitas penyimpanan mungkin menjadi salah satu faktor penting ketika kita membeli suatu gadget, apalagi tablet seperti iPad yang akan digunakan untuk melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Semakin besar kapasitas penyimpanan maka semakin banyak data seperti foto, video, ataupun dokumen yang bisa kita simpan. Untuk iPad Air disediakan 2 kapasitas penyimpanan yang dapat dipilih yaitu 64GB dan 256GB. Perlu diketahui bahwa iPadOS 14 sendiri membutuhkan sedikitnya 2,5GB dan sisanya bisa dipakai untuk menginstal aplikasi ataupun menyimpan data. Menurut kami 64GB pada saat ini terasa terlalu sedikit karena ukuran aplikasi yang cenderung semakin besar. 128GB mungkin menjadi standar minimum kapasitas penyimpanan untuk tablet yang kami rasa cukup. Sayangnya ini tidak disediakan pada iPad Air 4. Tapi, di iPad Pro 2020 pilihan kapasitas penyimpanannya lumayan banyak yaitu 128GB, 256GB, 512GB bahkan 1TB. Jadi untuk kalian yang butuh kapasitas penyimpanan yang besar dapat mempertimbangkan opsi yang disediakan oleh iPad Air 4 maupun iPad Pro 2020 ini.

Untuk harga, maka selain dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan juga ditentukan oleh didukung atau tidaknya jaringan selular pada iPad. Tentu saja dengan adanya jaringan seluler maka harga juga akan menjadi lebih mahal. Hal yang sama berlaku untuk kapasitas penyimpanan. Untuk detailnya maka berikut ini kami perlihatkan harga untuk iPad Air 4 dan iPad Pro 2020 untuk semua kapasitas penyimpanan dan koneksi Wi-Fi atau seluler.

KapasitasiPad Air 4iPad Pro 2020
64GBRp. 11.099.000 (Wi-Fi)
Rp. 13.699.000 (Wi-Fi+Cellular)
128GBRp. 14.999.000 (Wi-Fi)
Rp. 18.099.000 (Wi-Fi+Cellular
256GBRp. 13.999.000 (Wi-Fi)
Rp. 16.499.000 (Wi-Fi+Cellular)
Rp. 16.999.000 (Wi-Fi)
Rp. 19.999.999 (Wi-Fi+Cellular)
512GBRp. 20.499.000 (Wi-Fi)
Rp. 23.299.999 (Wi-Fi+Cellular)
1TBRp. 26.499.000 (Wi-Fi)
Rp. 28.999.000 (Wi-Fi+Cellular)
Sumber: iBox (diakses pada 23 Desember 2020 pukul 09:33 WITA)

Random Access Memory (RAM)

Random access memori (RAM) adalah memori sementara yang digunakan oleh gadget Anda untuk menyimpan data dari aplikasi yang sedang dijalankan. Hal ini akan mempercepat jalannya aplikasi karena data yang diperlukan disimpan dalam memori sementara ini dibandingkan harus membacanya ke penyimpanan fisiknya. Jadi semakin banyak RAM maka semakin banyak data yang dapat disimpan dalam memori dan tentu saja aplikasi akan berjalan semakin kencang. Nah, kalau dilihat dari RAM maka iPad Air menyediakan RAM sebesar 4GB sedangkan iPad Pro 2020 memiliki RAM 6GB.

Prosesor

Prosesor merupakan otak dari semua gadget. Prosesor berfungsi untuk menerjemahkan apa yang diminta oleh pengguna ke dalam perintah-perintah yang dikerjakan oleh perangkat keras lainnya. iPad Pro 2020 menggunakan prosesor Apple A12Z Bionic dengan arsitektur 7nm. Sedangkan iPad Air 4 menggunakan prosesor terbaru Apple yaitu A14 Bionic yang digunakan juga oleh seri iPhone 12. A14 Bionic ini merupakan prosesor pertama dengan arsitektur 5nm yang diklaim Apple lebih cepat karena jumlah transistor yang lebih banyak 11,8 milyar dan letak yang berdekatan sehingga lebih kencang dan efisiensi daya juga meningkat. 

Layar

Jika berbicara mengenai layar maka kedua iPad yang kita bandingkan menggunakan tipe layar Liquid Retina. iPad Pro memiliki bentar layar 11 inci sedangkan iPad Air 4 sedikit lebih kecil yaitu 10,9 inci. Untuk resolusi layar iPad Pro adalah 1668×2388 piksel sedangkan iPad Air 1640×2360 piksel. Resolusinya tidak berbeda jauh dengan kepadatan piksel yang sama yaitu 264 ppi. Ini artinya bahwa semakin besar nilai ppi maka gambar yang ditampilkan akan semakin detail. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambar yang sama akan dilihat sama indahnya pada iPad Air 4 maupun iPad Pro 2020. Akan tetapi, kedua iPad ini memiliki refresh rate yang berbeda yaitu 60Hz pada iPad Air 4 sedangkan iPad Pro 2020 adalah 120Hz. Refresh rate menyatakan berapa kali layar melakukan pembaharuan gambar pada layar dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate maka tampil akan akan semakin halus.

Sensor Biometrik

Kedua iPad ini menggunakan sensor biometrik yang berbeda. iPad Air 4 menggunakan sensor sidik jari (TouchID) yang disematkan pada tombol power-nya. Sedangkan iPad Pro 2020 menggunakan pengenal wajah (FaceID). Nah, untuk ini FaceID dan TouchID sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kalo FaceID tentu saja lebih mudah digunakan karena kita tinggal mengarahkan iPad ke wajah dan iPad akan terbuka secara otomatis. Tapi FaceID sangat sensitif sehingga sedikit perubahan pada wajah, misalnya kita menggunakan masker, maka kemungkinan besar kita tidak bisa membuka iPad. Sedangkan TouchID tidak akan terkendala kita menggunakan masker namun sensitif terhadap debu ataupun keringat.

Kamera

Dari sisi kamera, iPad Air 4 dan iPad Pro 2020 memiliki perbedaan mendasar pada kamera utamanya. iPad Air 4 hanya dilengkapi dengan satu kamera utama dengan ukuran 12MP dengan f/1,4. Sedangkan iPad Pro 2020 datang dengan dua kamera belakang masing-masing 12MP dengan f/1,8 untuk kamera wide dan 10MP dengan f/2,4 untuk ultra wide, dan satu LiDAR scanner. LiDAR scanner ini berfungsi untuk memetakan daerah sekitar kita dengan menembakkan berjuta-juta sensor cahaya dan menempatkan seluruh obyek sesuai dengan jaraknya dari sumber cahaya. Hal ini akan sangat membantu untuk mengambil foto secara portrait dan tentu saja Augmented Reality (AR). Untuk kamera depan, iPad Air 4 dan iPad Pro 2020 memiliki spesifikasi kamera yang sama yaitu 7MP dengan f/2,2.

Konektivitas

Kedua iPad menggunakan tipe USB yang sama yaitu USB-C. Sayangnya, iPad Air 4 dan iPad Pro 2020 tidak dilengkapi dengan NFC maupun audio jack 3,5mm. Hal ini menurut kami merupakan kekurangan dari kedua iPad ini ya, karena dengan tidak adanya audio jack 3,5mm maka kita perlu membeli headphone USB-C tambahan.

Baterai

Untuk baterai, iPad Air 4 dan iPad Pro 2020 sama-sama memiliki kapasitas 9720 mAh, yang secara teknis dapat memberikan 10 jam waktu untuk surfing web dengan Wi-Fi atau streaming video, dan 9 jam untuk surfing web menggunakan koneksi seluler. Namun demikian, iPad Pro 2020 dilengkapi dengan fasilitas fast charging yang mendukung daya 18W-30W. Dengan menggunakan charger 30W maka iPad Pro 2020 dapat terisi sampai penuh dalam 2,5 jam sedangkan dengan 18W maka dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Walapun secara resmi tidak disebutkan bahwa iPad Air 4 mendukung fast charging, tapi dari hasil percobaan kami untuk mengisi penuh iPad Air 4 dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan charger 20W bawaannya.

Speaker

Kedua iPad dibekali dengan empat speaker yang diletakan pada bagian bawah dari iPad, di sebelah kiri dan kanan port USB-C. Walaupun keduanya memiliki jumlah speaker yang sama, tapi pada iPad Pro 2020 keempat speaker tersebut diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan kualitas stereo. Sedangkan pada iPad Air 4, hal ini tidak ditemukan sehingga kualitas suaranya adalah sedikit di bawah iPad Pro 2020.

Dukungan Aksesoris

Dari sisi dukungan aksesoris, yaitu Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil generasi kedua, maka baik iPad Air 4 maupun iPad Pro 2020 adalah kompatibel dengan kedua aksesoris tersebut. Artinya untuk bekerja menggunakan Apple Magic Keyboard maupun Apple Pencil kedua perangkat ini adalah sama baiknya.

Varian Warna

Nah, untuk varian warna maka iPad Air 4 memiliki opsi warna yang jauh lebih banyak dibandingkan iPad Pro 2020. iPad Pro 2020 hanya datang dengan dua pilihan warna yaitu silver dan space gray, sedangkan pada iPad Air 4 selain kedua warna tradisional tadi juga ada pilihan warna sky blue, green dan rose gold. Jika warna menjadi salah satu kriteria penting maka iPad Air 4 dapat dijadikan pilihan. 

Kesimpulan

Nah, itu tadi perbandingan lengkap antara iPad Air 4 dan iPad Pro 2020. Apakah kalian masih bingung menentukan pilihan? Saran kami adalah pilihlah iPad yang sesuai untuk kebutuhan dan tentu saja budget kita. Jika kita tidak terlalu sering menggunakan kamera belakang, atau mungkin cukup dengan satu kamera saja dan tidak memerlukan LiDAR scanner maka iPad Air 4 sudah tentu menjadi pilihan utama. Namun, untuk Anda yang memang membutuhkan fitur-fitur yang dihadirkan oleh iPad Pro 2020 maka selanjutnya tinggal dipikirkan berapa kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan dan juga apakah adanya jaringan seluler mutlak diperlukan atau tidak. Ok segto dulu ya ulasan kita kali ini. Kami harap apa yang ditampilkan disini dapat membantu kalian dalam memutuskan untuk membeli iPad Air 4 ataukah iPad Pro 2020. Jika kalian terbantu dengan tulisan ini, jangan lupa dibagikan ke teman-teman kalian ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *