Kategori
Ulasan

Rekap Produk Apple di 2020

Silakan bagikan tulisan ini

Tidak terasa kita telah menginjak tahun baru 2021. Walaupun masih dalam masa pandemik dan PSBB, tidak lupa kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021 semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, karena ini adalah tulisan pertama pada tahun baru ini, kami mencoba untuk merekap produk-produk apa saja yang dikeluarkan Apple pada tahun 2020. Beberapa produk yang dikeluarkan juga telah di-review di blog ini (silakan diklik link-nya). Jadi tanpa banyak menunda waktu, yuk langsung saja kita bahas.

AirPods Max – Headphone Tercanggih Keluaran Apple
Maret – iPAD PRO 2020, MAGIC Keyboard, Apple pencil 2nd gen

Pada bulan Maret 2020, Apple merilis versi terbaru dari iPad Pro-nya. iPad Pro 2020 dibekali dengan prosesor A12Z Bionic yang lebih cepat, kamera belakang ganda, pemindai LiDAR baru untuk meningkatkan kemampuan augmented reality serta perbaikan pada sisi audio. Selain itu Apple juga merilis aksesoris-aksesoris untuk mendukung kita bekerja menggunakan iPad Pro 2020 ini yaitu Magic Keyboard dan Apple Pencil generasi kedua. Magic Keyboard ini sangat fenomenal karena melekat pada iPad Pro 2020 menggunakan magnetic connector serta memperkenalkan trackpad untuk pertama kalinya. Apple Pencil generasi kedua membawa perbaikan dari sisi kinerja dan juga cara mengisi dayanya. Untuk mengisi daya Apple Pencil generasi kedua ini hanya perlu ditempelkan pada bagian samping dari iPad Pro 2020. iPad Pro 2020 dijual mulai harga Rp. 14,99 juta untuk versi Wi-Fi dengan kapasitas 128GB, Magic Keyboard dijual dengan harga Rp. 6,59 juta sedangkan Apple Pencil generasi kedua dihargai Rp. 2,49 juta (Sumber: ibox.co.id).

Unboxing iPad Pro 2020, Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil 2nd Gen
April – iphone se 2020

iPhone SE verisi orisinal adalah iPhone 4-inci dengan harga yang terjangkau sebelum dihentikan pada tahun 2018, tetapi Apple menghidupkan kembali namanya pada bulan April 2020 dengan model 4,7 inci baru yang terlihat seperti iPhone 8 dengan internal yang mirip dengan iPhone 11. Chip A13 Bionic, RAM 3GB, dan harga awal yang rendah yaitu Rp. 7,49 juta. Hadir dalam warna putih, hitam, dan merah, dan dilengkapi dengan penyimpanan 64, 128, atau 256GB (Foto: stickpng).

Mei – Macbook pro 2020

Apple merilis pembaharuan terhadap lini MacBook Pro 13 inci-nya dengan perbaikan signifikan pada sisi keyboard. Teknologi keyboard yang digunakan adalah sistem butterfly yang menurut banyak orang adalah sangat tidak menyenangkan. Teknologi ini kemudian diganti dengan magic keyboard yang diklaim Apple lebih nyaman dan tidak akan terkendala oleh debu atau kotoran seperti pada keyboard sebelumnya. Harga MacBook Pro 13 inci versi 2020 ini mulai dari Rp. 23,49 juta untuk kapasitas 256GB dengan prosesor Intel i5 Quad-core 1,4GhZ dan dua port thunderbolt 3 (Foto: Apple).

Unboxing iPad Air 4
september – apple watch series 6, apple watch se, ipad air 4, ipad 8th gen

Pada bulan September, Apple menyelenggarakan even bertajuk “Time Flies” dimana diperkenalkan 2 seri Apple Watch (Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE) dan juga 2 seri iPad (iPad Air 4 dan iPad generasi ke-8). Apple Watch Series 6 memperkenalkan fitur untuk mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah (SPO2) serta tipe baru strap yaitu Solo Loop. Selain itu, Apple juga memperkenalkan Apple Watch SE pada even ini. Prosesor Apple Watch SE adalah sama dengan Apple Watch Series 5 namun diklaim dapat memberikan performa 2x lebih kencang dibandingkan Apple Watch Series 3. Daya tarik dari Apple Watch SE ini adalah harganya yang lebih terjangkau. iPad Air 4, dari sisi desain, merupakan perpaduan antara iPad orisinal dan iPad Pro. Desain flat-edged dengan sisi-sisi yang rata membuat penampakan iPad Air ini lebih premium dari pendahulunya. Satu kejutan dari iPad Air 4 adalah digunakannya prosesor A14 Bionic yang merupakan prosesor Apple pertama dengan proses manufaktur 5nm. iPad Air 4 juga mendukung aksesoris Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil generasi ke-2. iPad generasi ke-8 merupakan perbaikan darri iPad generasi ke-7 dengan tampilan yang sama persis namun dengan prosesor A12 yang lebih cepat dan dukungan pada Apple Smart Keyboard. Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun harga resminya adalah mulai $449 dan $199. iPad Air 4 dijual di Indonesia mulai harga Rp. 11,09 juta untuk versi Wi-Fi dan kapasitas 64GB, sedangkan untuk iPad generasi ke-8 dijual dengan harga Rp. 6,29 juta untuk versi Wi-Fi dengan kapasitas penyimpanan 32GB.

Unboxing Apple Watch Series 6
oktober – seri iphone 12, homepod mini, magsafe

Pada bulan Oktober akhirnya Apple merilis seri iPhone 12, speaker mininya yang bernama HomePod Mini dan aksesoris MagSafe pada even bertajuk yang “Hi, Speed”. Apple merilis 4 iPhone dalam waktu bersamaan yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Ini adalah pertama kalinya Apple merilis 4 buah iPhone secara bersamaan. iPhone 12 Mini merupakan suatu kejutan karena bentuknya yang sangat mungil (ukuran layar 5.4”). Selain itu, keempat versi iPhone ini juga menggunakan tipe layar yang sama yaitu Super Retina XDR. Bodi samping dengan stainless steel dan teknik penyelesaian ceramic shield membuat seri iPhone 12 dengan sisi datar (flat-edged) ini terlihat premium. Untuk prosesor, iPhone 12 telah menggunakan A14 Bionic yang merupakan prosesor tercepat dari Apple saat ini dengan teknologi 5 nanometernya. iPhone 12 Pro Max telah dijual resmi di Indonesia mulai harga Rp. 18,99 juta dan Rp. 20,49 juta, sedangkan harga resmi iPhone 12 Mini dan iPhone 12 dari Apple adalah $729 dan $829. Pada even yang sama, Apple memperkenalkan wireless charger untuk iPhone yang diberi nama MagSafe ($39). MagSafe akan menempel dengan kuat pada bagian belakang seri iPhone 12 dan dapat mengisi daya secara fast charging. HomePod Mini adalah versi mini dari HomePod orisinal yang dirilis tahun 2018 dengan penambahan fitur intelligent assistant dan intercom dengan harga yang jauh lebih murah yaitu $99.

November – M1 Macbook pro 13”, m1 macbook air, m1 mac mini

Pada even bertajuk “One More Thing”, bintang dari even tersebut adalah chip M1 keluaran Apple yang diklaim Apple dapat memberikan performa yang jauh lebih kencang daripada prosesor keluaran Intel. Hal ini diperlihatkan oleh Tim Cook yang mengatakan bahwa prosesor ini dapat memproses video 3,9x lebih cepat, sedangkan gambar 7,1x lebih kencang. Akan tetapi, performa yang lebih kencang ini dibarengi dengan penghematan daya. Komputer Mac dengan chip M1 memberikan waktu penggunaan 2x lebih lama dibandingkan pendahulunya. MacBook Pro 13 inci dengan chip M1 menawarkan daya baterai sampai dengan 20 jam. Komputer Mac generasi pertama yang menggunakan chip M1 adalah MacBook Pro 13 inci ($1299), MacBook Air ($999) dan Mac Mini ($699).

Desember – airpods max

Sebelum tahun 2020 ditutup, Apple ternyata memberikan satu kejutan terakhir dengan merilis AirPods Max. AirPods Max ini merupakan headphone over-ear pertama keluaran Apple yang menawarkan material dan desain premium, busa earcup yang dibuat tekstil berbahan mesh, bagian headband berpola rajutan, digital crown untuk memperbesar/menurunkan volume suara, serta tombol untuk mengaktifkan mode active noise cancellation/transparency. AirPods Max menggunakan chip audio H1 yang sama dengan AirPods Pro yang diletakkan pada masing-masing earcup untuk melakukan komputasi audio sehingga menghasilkan suara yang benar-benar jernih walupun dalam keadaan volume maksimum. Dengan harga $549, AirPods Max ini memang merupakan seri tertinggi dari headphone keluaran Apple yang tentu saja memberikan performa yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *