Tentang

Silakan bagikan tulisan ini

Ngurah Agus Sanjaya ER adalah seorang Asisten Profesor di Departemen Informatika di Universitas Udayana. Penelitiannya terutama berfokus pada ekstraksi informasi otomatis dari data semi atau tidak terstruktur.

Ia menyelesaikan pendidikan S3 dari Télécom Paristech, Paris – Perancis, di mana ia mempertahankan tesis Doktornya yang berjudul “Ekstraksi Informasi Lanjutan dengan Contoh” di bawah pengawasan Prof. Talel Abdessalem (Télécom Paristech, Prancis) dan Associate Professor Stéphane Bressan (National University of Singapore, Singapura).

Dia membahas dalam tesis ini metode alternatif untuk mencari informasi, yaitu dengan memberikan contoh-contoh informasi yang dimaksud. Dia pertama-tama mencoba meningkatkan akurasi pencarian dengan sistem contoh dengan memperluas contoh yang diberikan secara sintaksis. Kemudian, ia menggunakan paradigma penemuan kebenaran untuk memberi peringkat pada hasil permintaan yang dikembalikan. Akhirnya, ia menyelidiki kemungkinan memperluas contoh secara semantik melalui pelabelan masing-masing kelompok elemen contoh.

Dia saat ini melanjutkan pekerjaannya di penambangan teks yang berfokus pada pelestarian bahasa Bali melalui pembelajaran mesin. Dia telah menerbitkan beberapa artikel tentang pencarian akar kata pada bahasa Bali. Bersama murid-muridnya, dia sekarang mengembangkan Named-Entity-Recognition (orang, lokasi, penanda waktu) serta penandaan Part-of-Speech (POS) untuk bahasa Bali.

Minat penelitiannya juga mencakup (tetapi tidak terbatas pada) hal-hal berikut:

  • penemuan kebenaran,
  • pemrosesan bahasa alami,
  • penambangan data dan data besar.

Untuk melihat penelitian-penelitian yang sedang saya kerjakan, silakan mengunjungi laman Web saya di udayananetworking.unud.ac.id.